STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI DESA REPI, KABUPATEN MANGGARAI BARAT
Abstract
Saat ini desa telah menjadi salah satu bentuk destinasi wisata. Pengembangan kepariwisataan pada sebuah desa membutuhkan strategi yang komprehensif untuk mengembangkan potensi atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat mengalami perkembangan yang signifikan. Desa Wisata Repi memiliki banyak peluang untuk menarik wisatawan untuk berkunjung. Adapun tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi komponen 3A di Desa Repi sebagai destinasi wisata dan mendeskripsikan potensi atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, serta menyusun strategi pengembangan pariwisata di Desa Repi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ialah observasi dan wawancara. Uji validasi data yang digunakan pada penelitian ini ialah triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, Desa Repi memiliki peluang untuk dikembangkan. Dari aspek atraksi, Desa Repi memiliki potensi wisata berupa 1) atraksi alam, seperti pantai dan bukit; 2) atraksi budaya, seperti tari caci, tiba meka, Sanda, Mbata, dan Danding; dan 3) Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah, seperti kain songke. Aksesibilitas menuju Desa Repi telah tersedia, namun masih membutuhkan peningkatan kualitas. Selain itu, pada aspek amenitas telah tersedia beberapa fasilitas penunjang pariwisata, seperti homestay, warung. Namun demikian, sudah ada proses pembangunan toilet umum sebagai bentuk peningkatan kualitas amenitas di Desa Repi. Pengembangan pariwisata di Desa Repi dapat dilakukan dengan sejumlah strategi, diantaranya 1) peningkatan sumber daya manusia di bidang pariwisata, 2) peningkatan pemasaran tentang Desa Repi, 3) pembuatan paket wisata, 4) penyusunan program kerja pokdarwis, dan 5) peningkatan kualitas sarana umum. Strategi-strategi ini dapat diterapkan agar Desa Repi menjadi desa wisata yang siap untuk menerima wisatawan, baik nasional maupun internasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, W. R., Praptapa, A., Kusuma, P. D. I., & Sholikhah, Z. (2020). Promoting Local Potential as a Strategy to Develop Tourism Village. Geo Journal of Tourism and Geosites, 31(3), 1113-1118.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Mangarai Barat. (2023) Kecamatan Lembor Selatan Dalam Angka 2023. Labuan Bajo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Mangarai Barat. ISBN: 2623-100X
Benckendorff, P. (2014). Attraction, tourism. In: Jafari, J., Xiao, H. (eds) Encyclopedia of Tourism. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01669-6_12-1
Cohen, S. A., Prayag, G., & Moital, M. (2013). Consumer behaviour in tourism: Concepts, influences and opportunities. Current Issues in Tourism, 17(10), 872–909. https://doi.org/10.1080/13683500.2013.850064
Damanik, D., & Purba, E. (2020). Analisis daya saing sektor pariwisata Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 2(2), 116-125.
Decrop, A. (1999). Triangulation in qualitative tourism research. Tourism management, 20(1), 157-161.
Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis. 42 (2). 18 - 25.
Gillovic, B., & McIntosh, A. (2020). Accessibility and inclusive tourism development: Current state and future agenda. Sustainability, 12(22), 9722.
Indonesia, R. (2009). Undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Jakarta: Republik Indonesia.
Irfandanny, D., Kusuma, B. T., Sari, A. K., Ridha, F. A., Reksiana, C. P. E., Zain, M. Z., ... & Wahyudi, K. E. (2022). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis Umkm Melalui Lokal Branding Desa Sumbermujur Kab. Lumajang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1084-1090.
Jubaedah, S., & Fajarianto, O. (2021). Model pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal sebagai strategi peningkatan ekonomi masyarakat di desa cupang kecamatan gempol kabupaten cirebon. Abdimas Awang Long, 4(1), 1-12.
Junaid, I., Dewi, W. O., Said, A., & Hanafi, H. (2022). Pengembangan desa wisata berkelanjutan: Studi kasus di desa Paccekke, kabupaten Barru, Indonesia. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan), 6(3), 287-301.
Krajinovic, V., Hodak, D. F., & Vlahov, A. (2019). Obstacles of community-based tourism development in Vukovar-Srijem county. Tourism in Southern and Eastern Europe..., 5, 389-403.
Kurnianti, A. W. (2018). Strategi komunikasi pemasaran digital sebagai penggerak desa wisata kabupaten wonosobo provinsi jawa tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180-190.
Lee, C., & Olsen, D. (2023). Accessibility in Tourism. In: Jafari, J., Xiao, H. (eds) Encyclopedia of Tourism. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01669-6_227-2
Lee, S., Jeon, S., & Kim, D. (2011). The impact of tour quality and tourist satisfaction on tourist loyalty: The case of Chinese tourists in Korea. Tourism management, 32(5), 1115-1124.
Mantey, I. (2021). SMALL AND MEDIUM SCALE ENTERPRISES (SMEs) IN THEDEVELOPMENT OF TOURISM IN THE GLOBAL SOUTH : THEIR ROLE AND CHALLENGES (Dissertation). Retrieved from https://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:miun:diva-42922
Murianto, M., Putra, I. N. T. D., & Kurniansah, R. (2020). Peranan Pokdarwis Batu Rejeng untuk Mengembangkan Desa Sentiling Lombok Tengah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 21-26.
Nasir, N. F., Nasir, M. A., Nasir, M. N. F., & Nasir, M. F. (2020). Understanding of domestic tourism in Malaysia: A qualitative study. International Research Journal of Modernication in Engineering Technology and Science, 2(9), 624-632.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.
Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2 Februari), 41-54.
Ridwan, T., Widayanto, D., Wulandari, D., Febriyansya, Marwah, I. M., Muqoyim, M., Hikmah, N., Nurfatimah, R. L., Fitriyah, S., Suhartini, S., Fadhilah, U., & Shafardin, W. (2020). Pendampingan Strategi Marketing Digital dalam Mewujudkan Desa Wisata Religi di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Etos, 2(2), 57-70.
Riskiono, S. D., Hamidy, F., & Ulfia, T. (2020). Sistem Informasi Manajemen Dana Donatur Berbasis Web Pada Panti Asuhan Yatim Madani. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 21-26.
Robustin, T. P., Andi, R., Suroso, I., & Yulisetiarini, D. (2018). The contribution of tourist attraction, accessibility and amenities in creating tourist loyalty in Indonesia. J. Bus. Econ. Review, 3(4), 92-98.
Seyidov, J., & Adomaitienė, R. (2016). Factors influencing local tourists’ decision-making on choosing a destination: a case of Azerbaijan. Ekonomika, 95(3), 112-127.
Shang, Y., Sun, Y., & Xu, A. (2020). Rural ecotourism planning and design based on SWOT analysis. International Journal of Low-Carbon Technologies, 15(3), 368-372.
Surya, E. D., Felani, K. F., Felani, V. T., & Andriani, A. (2023). Analysis of Tourist Attractions, Amenities and Accessibility to Tourist Visit Decisions Mediated by Digitalization Promotion. International Journal of Economics and Management, 1(02), 64-75.
Susyanti, D. W., & Latianingsih, N. (2014). Potensi desa melalui pariwisata pedesaan. EPIGRAM (e-journal), 11(1).
Tjilen, A. P., Waas, R. F. Y., Ririhena, S. W., Tambaip, B., Syahruddin, S., Ohoiwutun, Y., & Prihandayani, R. D. (2023). Optimalisasi potensi desa wisata melalui manajemen pengelolaan yang berkelanjutan: Kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat lokal. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(6), 38-49.
Wang, F., Zhao, X., Qiu, Y., & Luo, J. (2023). Adaptability of traditional villages as tourist destinations in Yellow River Basin, China. Indoor and Built Environment, 32(3), 574-589.
Zhang, X. (2012). Research on the development strategies of rural tourism in Suzhou based on SWOT analysis. Energy Procedia, 16, 1295-1299.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v11i1.6360
Refbacks
- There are currently no refbacks.