ANALISIS FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI JALAN LINGKAR STADION PAKANSARI, KABUPATEN BOGOR
Abstract
Jalan Lingkar Stadion Pakansari adalah jalan yang dijadikan sarana khusus untuk berolahraga dan telah diresmikan menjadi lokasi car free day pada tahun 2019. Jalan ini berhasil menjadi salah satu destinasi utama untuk masyarakat Kabupaten Bogor melakukan aktivitas olahraga secara bebas dan menjajaki aneka kuliner serta aktivitas lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pengunjung mengenai fasilitas di Jalan Lingkar Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor yang buruk dan belum memuaskan pengunjung. Pelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung di Jalan Lingkar Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang respon dengan yang dipilih berdasarkan teknik insidental sampling dan diolah dengan bantuan software SPSS 26.0. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara umum variabel fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung Jalan Lingkar Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dengan kontribusi sebesar 66%, dan 34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Memiliki nilai sig 0,000 < 0,05, yang berarti H₁ diterima dan H₀ ditolak. dan berpengaruh positif berdasarkan nilai t hitung > t tabel yaitu 13,796 > 1,98447.
Kata Kunci:Fasilitas wisata, Kepuasan Pengunjung, Jalan Lingkar Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATERAN), 5(2), 180–194.
Andhini, K. M. (2022). Objek, Metode dan Desain Penelitian. http://repository.upi.edu/72777/10/S_EKI_1506781_Chapter 3.pdf
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety , Environment) terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri di Era New Normal serta Dampaknya pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416.
Bappedalitbang. (2019). Kabupaten Bogor The City Of Sport and Tourism. Bappedalitbang.
https://bappedalitbang.bogorkab.go.id/topik/kabupaten-bogor-the-city-of-sport-and-tourism/
Citrawani. (2019). PENGARUH FASILITAS OBJEK WISATA TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA PANTAI TOPEJAWA KABUPATEN TAKALAR. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dr. Elvera. (2020). Pemasaran Pariwisata: Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan (Dr. Elvara (ed.)). Scopindo Media Pustaka.
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.
http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Local Guide. (2023). Ulasan Pakansari. Google Review. https://www.google.com/maps/place/Stadion+Pakansari+Bogor/@-6.4934069,106.830109,19z/data=!4m8!3m7!1s0x2e69c19092657f6b:0x195ea53ba17dbb4f!8m2!3d-6.4949939!4d106.833392!9m1!1b1!16s%2Fm%2F010hm43z
Mendrofa, Y., & Zalukhu, Y. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Objek wisata museum Pusaka Niias Kota Gunung Sikali. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Raatulangi (JMBI UNSRAT), 9(2), 647–656.
Mutiarasari, K. A. (2022). Lokasi Car Free Day Jakarta, Cek Infonya di Sini. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-6088621/lokasi-car-free-day-jakarta-cek-infonya-di-sini
PERDA KAB.BOGOR. (2020). PERATURAN DAERAH KABUPATEN BOGOR NOMOR 7 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020-2025.
Pin, A. (2019). Jalan Lingkar Pakansari Cibinong Resmi Jadi Kawasan Car Free Day. Radar Bogor. https://www.radarbogor.id/2019/03/18/jalan-lingkar-pakansari-cibinong-resmi-jadi-kawasan-car-free-day/
Prof. Dr. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Revida, Erika., D. (2020). Pengantar Pariwisata (pertama). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Pariwisata/EEb8DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku+pariwisata&printsec=frontcover
Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1), 117–124. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf
RPJIM Kabupaten Bogor. (2019). Rencana Program Investasi Jangka Menegah (RPIJM) Kabupaten Bogor Tahun 2015-2019. 4, 1–29.
Setiawan, M. F. (2020). Pedestrian Baru di Kabupaten Bogor Segera Hadir. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1873428/pedestrian-baru-di-kabupaten-bogor-segera-hadir
Setyanto, I. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. UNIVERSITAS BRAWIJAYA.
Utami, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan Pada Hotel. 1–118. http://repository.uin-suska.ac.id/34849/
Widiantari, N. P. T., & Dkk. (2022). PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA DESTINASI WISATA ALAM AIK NYET DESA BUWUN SEJATI. Journal of Responsible Tourism, 2(2), 379–392.
Wijaya, W. A. (2018). PENGARUH LOKASIDAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMENPADA QALBU SALIM (QS) FUTSAL MEDAN. Universitas Medan Area.
William; Tiurniari Purba. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
Yulianto, A. A. W. (2020). STRATEGI PEMELIHARAAN DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA BAGI KENYAMANAN PENGUNJUNG PULE PAYUNG YOGYAKARTA. 7(2), 144–154.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v10i2.5318
Refbacks
- There are currently no refbacks.