Bauran Pemasaran Wisata Kuliner Tradisional Pepes Yang Berkelanjutan Di Desa Walahar Karawang

Prayogo Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran wisata kuliner tradisional pepes di Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin serta melakukan analisis mengenai keberlanjutan wisata kuliner tradisional pepes di Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin di Karawang sehingga wisata kuliner pepes tetap terjaga dari nilai tradisionalnya dan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan wisata kulinernya.

Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode kualitatif asosiatif tujuannya untuk menjelaskan aneka pepes sebagai destinasi wisata kuliner di Desa Walahar Kabupaten Karawang, dengan melakukan wawancara yang melibatkan pemerintah desa, pemilik rumah makan, konsumen, dan tokoh gastronomi.

Hasil dan pembahasan dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pemilik Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin tetap mempertahankan nilai tradisionalnya dari pepesnya yang masih dibungkus dengan daun pisang, serta metode dan peralatan memasaknya yang masih tradisional sehingga tetap menjaga cita rasa yang dihasilkan hal ini menjadi salah satu marketing yang digunakan yaitu dari mulut ke mulut yang bilang rasanya enak. Selain itu, Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin menjaga alam sekitar dengan cara menyiapkan lahan sampah yang dikelola sendiri, namun pemerintah desa juga telah membuat TPS 3R untuk mengelola sampah yang akan jadi di bulan Agustus.

Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah memajukan, menjaga, serta melestarikan wisata kuliner khususnya pepes di Desa Walahar, membantu meningkatkan ekonomi daerah dan masyarakat sekitar serta Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin tetap menjaga lingkungannya. Saran dari penelitian ini harus adanya peran Pemerintah Karawang untuk memajukan wisata kuliner dan Rumah Makan Pepes Jambal H. Emin dapat meningkatkan kebersihannya.


Keywords


Strategi Pemasaran, Pepes, Wisata Kuliner, Pariwisata Berkelanjutan, Gastronomi.

Full Text:

PDF

References


Amanah, Diah. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 21(81).

Badan pusat statistik. 2020. Karawang Dalam Angka 2020. (Diunduh tanggal 20 Mei 2021)

Hardiansyah, Wira. 2021. “Sejarah Pepes”. Hasil Wawancara Pribadi: 9 Juni 2021, Jakarta

Jamaludin, J. (2021). BOBOKO SEBAGAI SIMBOL KESEMPURNAAN: MEMAHAMI MAKNA BENTUK DASAR DALAM BUDAYA SUNDA. Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal (Jurnal Penelitian/Budaya), 1(1), 76-83.Winata, V. (2018). Pengaruh e-WOM Terhadap Intetion Wisata Di Raja Ampat Papua (Theory of Planned Behavior). CALYPTRA, 6(2), 982-1000.

Ketaren, Indara Karona. 2017. Gastronomi Upaboga Indonesia. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, I., & Supriadi, Y. (2014). Analisis Kebangkrutan Perusahaan Dalam Hubungannya dengan Kebijakan Struktur Modal dan Biaya Modal. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v10i1.5140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.