ANALISIS KETERKAITAN AKOMODASI WISATA DENGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI BANYUWANGI

Kaneisyah Aisyshafwah Sugiarto

Abstract


Industri pariwisata merupakan salah satu industri terbesar yang ada di dunia. Industri pariwisata dapat menciptakan tenaga kerja dalam jumlah besar, meningkatkan pendapatan dan perekonomian suatu negara. Potensi ini memerlukan pengembangan pariwisata yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian sehingga, meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah objek wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif  deskriptif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam terhadap informan, serta dengan data sekunder menggunakan metode sistem literatur review. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sarana akomodasi pariwisata yang berlandas pada konsep pariwisata berkelanjutan  diharapkan dapat mengurangi tingkat dari dampak negatif yang terjadi pada lingkungan. Hasil dari penelitian ini yaitu penyediaan sarana akomodasi memiliki dampak positif dan negatif bagi lingkungan yang dimana dapat mempengaruhi konsep pariwisata berkelanjutan.


Keywords


Akomodasi Pariwisata, Pariwisata Berkelanjutan, Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Supraptini, Nunuk, and Andhi Supriyadi. "Pengaruh Fasilitas, Transportasi Dan Akomodasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kabupaten Semarang." JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 3.2 (2020): 121-131

Evita, Rossi, I. Nyoman Sirtha, and I. Nyoman Sunarta. "Dampak perkembangan pembangunan sarana akomodasi wisata terhadap pariwisata berkelanjutan di bali." Jurnal Ilmiah Pariwisata 2.1 (2012): 109-222.

Betari Avinda, C., Sudiarta, N., Made, N., & Karini, O. (2016). STRATEGI PROMOSI BANYUWANGI SEBAGAI DESTINASI WISATA (STUDI KASUS PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA). 4(1).

Divi, A., Politeknik, Y., Banyuwangi, N., Aprilia, S., Politeknik, H., Purwaningtyas, A., & Banyuwangi, P. N. (2020). MODEL DAMPAK DAN KEBERLANJUTAN PARIWISATA DI PULAU MERAH KABUPATEN BANYUWANGI. Dalam JUMPA (Vol. 6, Nomor 2).

Ira, W. S. (2019). Partisipasi Masyarakat pada Penerapan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Kasus Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang). Dalam Muhamad Jurnal Pariwisata Terapan (Vol. 3, Nomor 2).

Peningkatan Destinasi Pariwisata Baru Berdasarkan Aspek Daya Tarik Wisata, K., dan Amenitas di Kecamatan Pangandaran, A., Pangandaran, K., & Ashma Nadiya, U. (t.t.). Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota Study of Increasing a New Tourism Destinations Based on Aspects of Tourism Attraction, Accessibility And Amenity in Pangandaran.

http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/05/jenis-jenis-akomodasi-pariwisata.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v10i1.4903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.