IMPLEMENTASI KEBERLANJUTAN CLEANLINESS, HEALTH, SAFETY, ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY (CHSE) PADA VILLA KEMARANG BANYUWANGI

Iftitarisa Maharani

Abstract


Industri perhotelan merupakan salah satu sektor ekonomi yang mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan meningkatnya mobilitas global dan pariwisata. Industri perhotelan juga menghadapi tantangan yang semakin kompleks, terutama terkait dengan isu-isu Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE). Industri perhotelan menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan sosial. CHSE merupakan kerangka kerja penting yang merangkul konsep kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan, yang semakin diakui sebagai elemen integral dari operasi hotel dan villa yang sukses dan berkelanjutan. Penelitian ini menganalisis implementasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) pada Villa Kemarang Banyuwangi dengan penekanan pada keberlanjutan. Melalui metode kualitatif, penelitian ini mendokumentasikan praktik CHSE yang umumnya diterapkan di sektor perhotelan khususnya pada Villa Kemarang dan dampaknya pada lingkungan dan masyarakat setempat. Industri perhotelan menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Hasil temuan menunjukkan bahwa praktik CHSE efektif yang diterapkan oleh Villa Kemarang dapat meningkatkan kualitas layanan, mengurangi dampak lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) pada Villa Kemarang Banyuwangi telah diimplementasikan secara luas dalam operasionalnya. Implikasi kebijakan dan rekomendasi praktis disajikan untuk memperkuat dan memperluas penerapan CHSE dalam industri perhotelan.


Keywords


CHSE, keberlanjutan, industri perhotelan, kualitas layanan, dampak.

Full Text:

PDF

References


Fitriana, R., Simanjuntak, D., Dewanti, R., & Author, C. (2020). Pembekalan materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dalam training of trainers akademisi pendamping desa wisata. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 138-145.

Jaya, K. A. K., & Nugraha, I. G. P. (2023). Penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental, Sustainability) untuk Pencegahan COVID-19 di Front Office Hotel Puri Saron Lovina Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(2), 599-607.

Trisnawati, Y., & Demolingo, R. H. (2022). IMPLEMENTASI CLEANLINESS, HEALTH, SAFETY, ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY (CHSE) DI HOTEL SANTIKA PREMIERE BINTARO PADA ERA NEW NORMAL. Journal of Syntax Literate, 7(7).

Utami, M. M., & Pertiwi, W. N. B. (2021). Pendampingan Implementasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Desa Wisata Banyuresmi di Era Pandemi. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 169-174.

Alotaibi, E., & Khan, A. (2022). Impact of Covid-19 on the Hospitality Industry and Responding to Future Pandemic through Technological Innovation. Procedia Computer Science, 204, 844–853. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.08.102

Amelia, V., & Prasetyo, D. (2022). Sertifikasi Chse (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) Terhadap Objek Wisata Sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.49461

Aprilia, L. R., Marini, S., & Yahya, A. I. (2021). Implementasi Protokol Kesehatan CHSE dalam Meningkatkan Kepercayaan Tamu di Hotel. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.454

Denny, A., Dalimunthe, F. I., Wiharjokusumo, P., Agung, U. D., & Medan, P. P. (2018). Pengaruh Penerapan Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental sustainability terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Harper Wahid Hasyim Medan. Jurnal Prointegrita, 6(3). https://doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i3.2432

Dimara, G. C. (2022). Implementasi program chse (cleanliness, health, safety and environment sustainability) terhadap pelatihan karyawan di courtyard by marriott bali nusa dua resort. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 2165–2181. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.148

Japutra, A., & Situmorang, R. (2021). The repercussions and challenges of COVID-19 in the hotel industry: Potential strategies from a case study of Indonesia. International Journal of Hospitality Management, 95(December 2020). https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102890

Song, Y., Liu, K., Guo, L., Yang, Z., & Jin, M. (2022). Does hotel customer satisfaction change during the COVID-19? A perspective from online reviews. Journal of Hospitality and Tourism Management, 51(March), 132–138. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2022.02.027

Yousaf, S., & Kim, J. M. (2023). Did COVID-19 change preferences for hygiene-related service attributes as satisfiers and dissatisfiers? An analysis of textual content of online hotel reviews. Journal of Hospitality and Tourism Management, 56(July), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2023.07.001




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v10i1.4902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.