ANALISIS KEPUASAAN WISATAWAN CURUP BEDEGUNG DITINJAU MELALUI KOMPONEN 4A (ATRAKSI, AMENITAS, AKSESSIBILITAS, DAN ANCILARY)

Mahmud Junianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari komponen 4a kepariwisataan yaitu atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan ancillary terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata curup tenang bedegung kabupaten muara enim. Penelitian ini dilakukan kepada 100 orang responden yang merupakan wisatawan di objek wisata curup tenang bedegung. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka jurnal dan buku terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program spss versi 26 dengan teknik analisis penelitian yang digunakan yaitu model regresi berganda, serta dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Atraksi berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, 2. Amenitas berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, 3. Aksesibilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan, 4. Ancillary memiliki pengaruh positif  signifikan terhadap kepuasan wisatawan. 5. Secara simultan keempat variabel atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan ancillary berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wisatawan di objek wisata curup tenang bedegung kabupaten muara enim.


Full Text:

PDF

References


Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. H. (2017). Pengaruh atraksi, aksesibilitas dan fasilitas terhadap citra objek wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Humano: Jurnal Penelitian, 7(2), 134-148.

Alfitriani, A., Putri, W. A., & Ummasyroh, U. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 66-77.

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(1), 53-59.

Aprilia, E. R., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Arifin, S. (2011). Pengaruh Kepercayaan, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel jepara indah. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 8(1).

Benu, Fred L., Benu, Agus S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Ekonomi, Sosiologi, Komunitasi, Administrasi, Pertanian, dan Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Darmawan, D. S. (2019). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ansilari Terhadap Kepuasan Wisatawan Dio Pantai Gemah Kabupaten Tuilungagung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1).

Dewandaru, B., Rahmadi, A. N., & Susilaningsih, N. (2021, March). Pengaruh Attraction, Accesibility, Amenity Dan Ancillary Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Kawasan Wisata Besuki Kediri. In Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) (pp. 498-508).

Do Valle, P. O., Silva, J. A., Mendes, J., & Guerreiro, M. (2006). Tourist satisfaction and destination loyalty intention: A structural and categorical analysis. International Journal of Business Science & Applied Management (IJBSAM), 1(1), 25-44.

Dzulkifli, M., & Masjhoer, J. M. (2020). The measurements of tourist satisfaction levels on attractions, accessibility, and amenities in Pulesari Tourism Village, Sleman Regency. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 48-58.

Fadhilah, M. W., & Amalia, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Kota DAMRI Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang Bus Kota DAMRI Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(3), 150-162.

Fauzi, F.,Abdul, Basyith Dencik & Diah, Isnaini Asiati. 2019. Metodologi Penelitian Untuk Manajemen dan Akuntansi: Aplikasi SPSS dan Eviews untuk Teknik Analisis Data. Jakarta. Salemba Empat.

Fransiska, Hartama. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Wisata, Kualitas Pelayanan Wisata Dan Citra Emosional Destinasi Wisata Terhadap Keputusan Wisatawan Yang Berkunjung Di Lokasi Wisata Tangkahan Kabupaten Langkat.

Ghozali, I. (2018). Apliksi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gnanapala, W. A. (2015). Tourists perception and satisfaction: Implications for destination management. American Journal of Marketing Research, 1(1), 7-19.

Hapsara, O., & Yandi, A. (2019). Improving the Satisfaction of National Health Guarantee Participants through JKN Mobile Services That Educed by Brand Image (Study on Jambi City Health BPJS). Saudi Journal of Economics and Finance, 3(5), 230-236.

Hermanto, T. A., Moelyati, T. A., & Fitantina, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan pada Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim. MOTIVASI, 7(1), 1-7.

Hermawan. (2019). Metodelogi penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif fan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran

Heryanto, O., Baskara, R. M., & Novianti, E. (2021). Peran Kampung Tugu Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Unik di Jakarta. Jurnal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 22-29.

Isdarmanto. 2017. Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata.Yogyakarta: Gerbang Media Aksara

Juliano, H. W., Fahri, H., Hardika, P., Ayu, R. D., Dwitama, F., & Dewi, L. (2022). Pengaruh Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Camping Ground Gayatri Citeko. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(3), 273-277.

Lestari, H. D., Irawati, N., & Santoso, H. T. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Tour Guide Di Destinasi Wisata Benteng Marlborough Bengkulu. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 16(1), 28-39.

Lupiyoadi, Rambat., Ikhsan, Ridho B. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Oktavia, H. C. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari. Jurnal Enggano, 6(2), 201-211.

PUTRI, C. L. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Lokal Pindang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kuliner Lokal Pindang Di Kabupaten Ogan Ilir (Studi Kasus Pada Pondok Pindang Mantap) (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Ramadhani, N. D. P. (2020). Pengaruh Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Temam Kota Lubuklinggau (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Riani, N. K. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1469-1474.

Ridwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.

Salleh, M., Omar, K., Yaakop, A. Y., & Mahmmod, A. R. (2013). Tourist satisfaction in Malaysia. International journal of business and social Science, 4(5), 221-226.

Saway, W. V., Alvianna, S., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 6(1), 1-8.

Setyanto, I. (2019). Pengaruh komponen destinasi wisata (4A) terhadap kepuasan pengunjung Pantai Gemah Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sinambela, Lijan P & Sarton Sinambela. 2021. Metodelogi Penelisian Kuantitatif: Teoretik dan Praktik. Depok: RajaGrafindo.

Sudana, I Made & Rahmat Heru Setianto. 2018. Metode Penelitian Bisnis dan Analisis Data Dengan SPSS. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pariwisata Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media.

Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Walela, M. (2022). Pengembangan Daya Tarik Wisata Goa Lokale di Desa Abutpuk, Kecamatan Usilimo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1697-1702.

Ximenes, D., Setioko, D., Rachmadani, A., & Roejinandari, N. (2020). Pengaruh Atraksi dan Amenitas Terhadap Kepuasan Pengunjung di Wisata Gunung Fatuleu Kabupaten Kupang. Jurnal Pariwisata, 1(2), 29-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v9i2.4685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.