PENGARUH MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND AWARENESS DI DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL BALI

Erika Nursalim Sofiani

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi dalam dunia pariwisata melahirkan banyaknya infrastruktur tempat menginap. Perusahaan dengan brand yang kuat mampu menjadikan produk yang dijual menjadi pilihan utama seseorang, seperti yang dilakukan oleh Discovery Kartika Plaza Hotel Bali dalam membangun hal tersebut melalui kegiatan komunikasi pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Marketing Communication terhadap Brand Awareness di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Jumlah sampel yang didapatkan adalah sebesar 396 responden pengunjung Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Marketing Communication yang terdiri dari dimensi Advertising, Sales Promotion, Event and Experience, Public Relation and Publicity, Direct Marketing, Interactive Marketing, Word of Mouth, dan Personal Selling secara simultan berpengaruh terhadap Brand Awareness di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Sedangkan secara parsial, hanya dimensi Direct Marketing dan Word of Mouth yang berpegaruh terhadap Brand Awareness. Kemudian, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali berada ditingkatkan brand recognition dengan jumlah rata-rata tertinggi sebesar 79,59%. Bagi pihak manajemen hotel disarankan untuk memperbanyak iklan pada media online maupun offline, mengadakan promosi serta kegiatan acara di lingkungan hotel agar masyarakat lokal maupun luar Bali dapat lebih mengenal Discovery Kartika Plaza Hotel.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Kesadaran Merek, Hotel

Full Text:

PDF

References


Darmanah, G. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. CV HIRA TECH. https://docplayer.info/200536394-Metodologi-penelitian-dr-garaika-darmanah-s-e-mm.html

Kurniawan, A. W., & Puspaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In PANDIVA BUKU.

Luthfiana, I. I., & Kania, D. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Sosial terhadap Brand Awareness Ombudsman Republik Indonesia. Spectrum, 4(1).

Muri, A. Y. (2015). Metode Penelitian: Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In Kencana (Vol. 4, Issue 3).

Samalam, A. A., Rondunuwu, D. O., & Towoliu, R. D. (2016). PERANAN SEKTOR AKOMODASI DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata , 3(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.

Wicaksono, M., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. None, 5(8).




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v9i1.3944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.