MODEL PEMASARAN PADA DESTINASI WISATA RURAL DAN WISATA URBAN

Dhanik Puspita Sari

Abstract


Produk pariwisata Indonsesia yang paling banyak dicari adalah berupa wisata budaya dengan kontribusi wisata urban dan wisata rural sebesar tiga puluh lima persen menjadikan jenis wisata ini menjadi salah satu wisata alternatif yang memiliki potensi yang besar. Tentunya hal ini dapat tercapai bila wisatawan datang, berkunjung dan juga membelanjakan uang yang dimilikinya disana. Oleh karena itu pemasaran destinasi pariwisata menjadi poin penting dalam mendatangkan wisatawan. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah unruk memberikan gambaran akan beberapa model pemasaran destinasi wisata urban dan wisata rural yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Adapaun metode penelitian yang digunakan adalah berupa kualitatif deskriptif dengan mempergunakan data skunder yang berasal dari berbagai sumber litelatur dan penelitian yang pernah diterbitkan sebelumnya. Adapun model pemasaran digital yang paling tepat untuk digunakan adalah berupa pemasaran digital dikarenakan karakteristik kebiasan wisatawan yang banyak melakukan pencarin informasi melalui internet di berbagaimacam media sosial.

Keywords


destination marketing, wisata urban, wisata rural

Full Text:

PDF

References


Alexa.E, Cuza,A. 2010. Urban Marketing and its Impact over the Touristic Attractiveness of the Cities – A Conceptual Approach. University of Iasi, Romania. University of Iasi, Romania.

Buhalis, D., 1999. Marketing the competitive destination of the future. Department of Tourism, University of Westminster, 35 Marylebone Road, London, NW1 5LS, UK

Chin, C. H., Lo, M. C., Razak, Z. bin, Pasbakhsh, P., & Mohamad, A. A. (2020). Resources confirmation for tourism destinations marketing efforts using PLS-MGA: The moderating impact of semirural and rural tourism destination. Sustainability (Switzerland), 12(17), 1–23. https://doi.org/10.3390/SU12176787

De Rosa, M., McElwee, G., & Smith, R. (2019). Farm diversification strategies in response to rural policy: a case from rural Italy. Land Use Policy, 81(August 2018), 291–301. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2018.11.006

Falah, R. W. (2021). Urban Tourism: Katalisator Pembangunan Kota. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/rifqifalah/60717b6e8ede482f8b037f72/urban-tourism-katalisator-pembangunan-kota

Gao, J., & Wu, B. (2017). Revitalizing traditional villages through rural tourism: A case study of Yuanjia Village, Shaanxi Province, China. Tourism Management, 63, 223–233. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.04.003

Ivona, A. (2021). Sustainability of rural tourism and promotion of local development. Sustainability (Switzerland), 13(16). https://doi.org/10.3390/su13168854

Jia, Z., Jiao, Y., Zhang, W., & Chen, Z. (2022). Rural Tourism Competitiveness and Development Mode, a Case Study from Chinese Township Scale Using Integrated Multi-Source Data. Sustainability (Switzerland), 14(7). https://doi.org/10.3390/su14074147

Kadiyali, V., & Kosová, R. (2013). Inter-industry employment spillovers from tourism inflows. Regional Science and Urban Economics, 43(2), 272–281. https://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2012.07.006

Kemenpar. (2016). Inovasi Pariwisata Untuk Daya Saing Bangsa.

Manhas, P. S., Manrai, L. A., & Manrai, A. K. (2016). Role of tourist destination development in building its brand image: A conceptual model. Journal of Economics, Finance and Administrative Science, 21(40), 25–29. https://doi.org/10.1016/j.jefas.2016.01.001

Park, S., Nicolau, J. L., & Fesenmaier, D. R. (2013). Assessing advertising in a hierarchical decision model. Annals of Tourism Research, 40(1), 260–282. https://doi.org/10.1016/j.annals.2012.09.009

Ruetsche, J. (2006). Urban Tourism What Attracts Visitors to Cities? Lets Talk Business, 117, 2.

Sari, D. P. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam Peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor? Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(1), 12–22.

Sari, D. P., & Batubara, R. P. (2021a). Analisis Komponen Website Desa Wisata Cimande Sebagai Media Promosi Elektronik (E-Tourism). Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 43–51. doi: http://dx.doi.org/10.30997/jsh.v12i1.3470

Sari, D. P., & Batubara, R. P. (2021b). E-Tourism as A Promotion Media for Cimande Tourism Village. E-Journal of Tourism, 8(1), 115. https://doi.org/10.24922/eot.v8i1.71452




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v8i2.3813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.