PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI TAMU DI HOTEL SUNLAKE JAKARTA

Feronika Berutu

Abstract


Pertumbuhan Industri perhotelan pada saat ini semakin bertumbuh, untuk industry ini sendiri dibutuhkankan strategi yang tepat untuk bisa tetap bertahan karena semakin banyak nya pesaing. Untuk menarik minat beli tamu dibutuhkan stategi promosi yang tepat baik secara offline maupun online. Pada saat ini pengguna media sosial semakin meningkat hal ini bisa menjadi peluang bagi industry perhotelan untuk menarik lebih banyak tamu. Hal ini juga dilakukan oleh salah satu hotel di Jakarta yaitu Sunlake hotel pasca pandemic covid 19. Dengan memaksimalkan penggunaan media sosial Instagram tamu hotel ini sempat meningkat tetapi Kembali sedikit menurun, untuk itu peneliti ingin melakukan penelitian di hotel Sunlake Jakarta, melihat pengaruh Promosi melalui media sosial Instagram terhadap minat beli tamu di hotel Sunlake Jakarta,

Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. terlihat hasil adjusted R 2 (koefisien determinasi) sebesar 0,353. Artinya bahwa 35,3% variabel minat beli tamu (Y) akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu: Promosi melalui media sosial instagram, Sedangkan sisanya variabel Minat beli tamu akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Promosi, Instagram, Minat, Beli.

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darma, Budi. (n.d.). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.com.

Hauer, C. (2010). Dalam B. Solis, Engage : The complete Guide for Brands and Business to Build Cultivate and Measure Success on The Web (hal. 263). New Jersey: John Wiley & Sons

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ahyar, Hardani, and Dkk. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015.Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v8i2.3805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.