PENGARUH KUPON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS : PROMO KUPON CICIP MELALUI PEMBELIAN DELIVERY VIA GRABFOOD DI PORKHUB, PALMERAH)

Regina Dewi Hanifah, Clarita Clarita

Abstract


Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat, perkembangan bisnis kuliner diikuti dengan adanya perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk dapat menjangkau konsumen, teknologi tersebut yaitu GrabFood. Porkhub Palmerah menggunakan jasa GrabFood dalam penjualannya, terdapat peningkatan penjualan di Porkhub yang lebih besar melalui GrabFood dibandingkan dengan penjualan secara dine in yang dimana hal ini berhubungan dengan adanya promo kupon via GrabFood. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kupon berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Porkhub Palmerah. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dimana menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability purposive sampling pada 93 responden yang merupakan konsumen dari Porkhub Palmerah yang melakukan pembelian via GrabFood periode Oktober 2020 – Januari 2021. Setelah melakukan pengolahan data didapatkan bahwa adanya pengaruh yang sangat kuat antara kupon terhadap keputusan pembelian dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,871 dan pengaruh antar variabel sebesar 76%. Persamaan regresi berganda yang didapatkan adalah 𝑌 = 6,775 + 2,378𝑋1 + 2,352𝑋2 + 2,181𝑋3. Berdasarkan pada uji-t dan uji-f didapatkan hasil Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh antara kupon terhadap keputusan pembelian via GrabFood di Porkhub Palmerah” Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu kupon Cicip memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di Porkhub, Palmerah. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan durasi promo kupon, memberikan apresiasi kepada pelanggan setia, mempertahankan kesesuaiaan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta memberikan kemudahan dalam penukaran kupon.


Keywords


Kupon, keputusan pembelian, restoran, online food delivery

Full Text:

PDF

References


Abderahmman, K. F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi GrabFood Indonesia. Malang: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Adizka, F. (2019). Pengaruh Sales Promotion terhadap Customer Loyalty Pengguna Aplikasi Mobile Payment, DANA. Jakarta: Universitas Pertamina.

Agbi, B. D., &, & Mande, S. (2019). Sales Promotion and Consumer’s Purchase Decision in The Nigerian Beverage Industry. Journal of Marketing , 2, 3-17.. Li, M. Z., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service and Management , 419-424.

Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Amna, S. N. (2018). Analisis Efektifitas Sales Promotion pada Gojek dan Grab serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pengguna Transportasi Online di Kota Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Anim, A. &. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Manajemen dan Bisnis , 6-28.

Anisa, D. F. (2018, 11 26). Berita Satu. Retrieved 4 20, 2021, from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/megapolitan/524394/jakarta-tarik-minat-wisatawan-dengan-sajian-kuliner

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Davis, B. (2012). Food and Beverage Management, 5th Edition. New York: Rotledge.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Commerce Business, Technology, Society (12 ed.). England: British Library Cataloguint-in.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Oladepo, I. O., &, & Odunlami, S. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix On Consumer Buying Decision A Study Of Beverage Consumer In Lagos State, Nigeria. British Journal of Marketing Studies , 211-254.

Park, E. J., & Forney, C. J. (2012). A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behaviour. Journal of Marketing and Management , 443-446.

Peter, J. P., & Donnelly, J. (2014). A Preface To Marketing Management (12 ed.). New York: Mc Graw Hill.

Pride, W. M., & Ferrel, O. C. (2016). Marketing. United States: Cengage Learning.

Priyanto, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Rihanto, D. (2019, 8 1). Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Sumbang 6,35% terhadap PDB Nasional. Retrieved 4 19, 2021, from Pikiran Rakyat: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01316389/pertumbuhan-industri-makanan-dan-minuman-sumbang-635-terhadap-pdb-nasional?page=2

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Penerbit Kencana.

Soni, N., & Varghese, M. (2019). Investigating Impact of Consumer Promotion towards Buying Decision: A Demographic Analysis. International Journal of Multidisciplinary , 63-67.

Statistik, B. P. (2020, 6 13). BPS. Retrieved 4 20, 2021, from BPS: https://www.bps.go.id/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, I. B. (2019). The Effect Of Coupon Sales Promotion, Online Customer Review And Perceived Enjoyment On Repurchase Intention In e-Commerce Shopee. International Journal of Scientific & Technology Research , 97-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v7i2.3017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.