ANALISIS ONLINE REVIEW TRIPADVISOR.COM TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK JASA AKOMODASI DI HOTEL MANHATTAN

Rendy Sarudin

Abstract


Perubahan perilaku wisatawan membuat pengelola hotel mulai memanfaatkan teknologi khususnya e-commerce untuk lebih meningkatkan efektifitas penjualan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyediakan layanan reservasi kamar online (online booking). Sistem pemesanan online yang berkembang telah menghasilkan beberapa situs web ulasan wisata yang membantu orang berinteraksi, memberikan saran melalui internet, termasuk Tripadvisor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh online review (X) terhadap minat beli (Y) pada Hotel Manhattan Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang memesan Hotel Manhattan di Agen Travel Online, Free Traveler Mandiri, Perusahaan serta Group MICE (All source of booking) sampelnya adalah 99 responden. Responden dipilih dengan menggunakan non-probability sampling yaitu Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi minat beli terhadap review online hotel Manhattan di Jakarta terlihat jelas pada korelasi Pearson sebesar 0,720 ** yang dapat diartikan bahwa ketersediaan review online persaingan hubungan baik dan minat beli dapat dikatakan kuat atau positif. dan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat beli online dan review sebesar 51.80% dan 48.20% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Review Online, Niat Membeli, Sales & Marketing Department, Hotel

 


Full Text:

PDF

References


Effendi, T. N. 1983. Urbanisasi Pengangguran, dan Sektor Informal di Kota. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta. Rineka Cipta.

Kusmayadi dan Endar. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., dan Tatham, R. L. 2006. Multivariat Data Analysis Sixth Edition. New Jersey. Peasrson Prentice Hall.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025.

Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v7i1.2634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.