POTENSI HALAL TOURISM DI INDONESIA
Abstract
Pariwisata menjadi sektor bergengsi yang dapat mendongkrak ekonomi sebuah negara dalam sistem berkelanjutan. Dengan merebaknya Halal Lifestyle secara global, muncul pula Halal Tourism di negara-negara, khususnya negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia. Tentunya kesiapan Indonesia sendiri dalam menyiapkan diri menjadi destinasi untuk Halal Tourism dapat dikaji dari berbagai aspek, khususnya dalam aspek syar’i sendiri. Penelitian ini bertujuan melihat potensi Indonesia sebagai tujuan wisatawan dalam melaksanakan Halal Tourism. Dilihat dari faktor-faktor pendorong potensi wisata, faktor standar pengukuran Halal Tourism dari segi administrasi dan pengelolaannya serta tantangan yang dihadapi di Indonesia sendiri dalam melaksanakan Halal Tourism. Pariwisata halal di Indonesia memiliki prospek ekonomi yang baik sebagai bagian dari industri pariwisata nasional.Inti dari wisata halal menekankan prinsip-prinsip syari’ah dalam pengelolaan pariwisata dan pelayanan yang santun dan ramah bagi seluruh wisatawan dan lingkungan sekitarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. _________.Menggerakkan Ekonomi Rakyat Melalui Sektor Pariwisata, diakses dalam:http://presidenri.go.id/pariwisata/menggerakkan-ekonomi-rakyat-melalui-sektor-pariwisata.html
Anonim. _________.https://travel.detik.com/read/2014/05/12/172600/2580505/1382/125-
pengeluaran-wisatawan-dunia-disumbang-traveler-muslim
Anonim. _________. Indonesia Fokus Kembangkan Wisata Syariah. Berita Satu. (Online), (http://www.beritasatu.com/destinasi/91055-indonesia-fokuskembangkan-wisata-syariah.html)
Edrees, Munichy Bachroon.2010.Konsep Arsitektur Islami Sebagai Solusi Dalam Perancangan Arsitektur. Journal of Islamic Architecture Volume 1 Issue 1 June 2010
Ijaj, A. 2011. Halal concept & brands. Retrieved from http://halalbrands.blogspot.fi/.
Kamarudin, L. M. 2013. Islamic Tourism: The Impacts to Malaysia's Tourism Industry. Proceedings of International Conference on Tourism Development, 397-405.
Karim, Sofwan. 2006. Etika Agama dalam Pembangunan Pariwisata.
(http://shofwankarim.wordpress.com/2006/08/18/etika-agama-dan-pariwisata),
Kementerian Pariwisata. 2012. Kemenparekraf promosikan Indonesia sebagai
destinasi pariwisata syariah dunia. (http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2042)
Kettani, Housain.2010. 2010 World Muslim Population. Proceedings of the 8th Hawaii International Conference on Arts and Humanities, Honolulu, Hawaii, January 2010
Moleong, Lexy, J.DR. 2005. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Reuters, T., & DinarStandard. 2014. State of the Global Islamic Economy
-2015 Report. Dubai: Dubai the Capital of Islamic Economy.
Sabri, Fahruddin Ali. 2010. Perkembangan Hotel Syariah di Indonesia: Mengonsep
Pariwisata Islami. Karsa. (Online), Vol. XVIII No. 2 Oktober, (http://karsa.stainpamekasan.ac.id)
Shakiry, A.S. 2008. Tourism halal imposing themselves little by little.
(http://www.islamictourism.com/news_A.php/3838)
Sofyan, Riyanto Sofyan. 2012. Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Buku Republika.
Sri Anindiati Nursastri, 2014.12,5% Pengeluaran Wisatawan Dunia Disumbang Traveler
Muslim, diakses dalam https://travel.detik.com/read/2014/05/12/172600/2580505/1382/125-pengeluaran-wisatawan-dunia-disumbang-traveler-muslim,
Suwantoro, Gamal.1997.Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Publishing
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v1i2.2463
Refbacks
- There are currently no refbacks.