PERAN DAN KOLABORASI STAKEHOLDER PARIWISATA DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA DI KAWASAN DANAU TOBA

Nova Irene Bernedeta Sitorus

Abstract


Kunjungan wisata di Kawasan Danau Toba belum menunjukkan tingkat kunjungan yang mengalami peningkatan setiap tahun. Sebagai sebuah destinasi prioritas dan telah mengalami banyak perbaikan dan peningkatan infrastruktur, Kawasan Danau Toba harusnya dapat memberikan jumlah kunjungan yang meningkat. Namun dalam peningkatan jumlah kunjungan di Kawasan Danau Toba tentunya tidak terlepas dari para stakeholder didalamnya. Seluruh kabupaten beserta para stakeholder pariwisata di Kawasan Danau Toba memiliki peran masing-masing serta harus saling berkolaborasi dalam mengembangkan dan mengelola Pariwisata di Kawasan Danau Toba. Peran dari stakeholder sebagai pemegang posisi kunci di segala tingkatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya proses perencanaan pembangunan kepariwisataan yang dilakukan. Stakeholder yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana profil pariwisata di Kawasan Danau Toba, mengidentifikasi dan menganalisis peran stakeholder pariwisata dalam mendukung peningkatan kunjungan di Kawasan Danau Toba dan menganalisis kolaborasi stakeholder pariwisata dalam mendukung peningkatan kunjungan di Kawasan Danau Toba. Penelitian tentang peran dan kolaborasi Stakeholder pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kawasan Danau Toba  ini menggunakan metode kualitatif. Informan kunci dari penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Kepala Bidang Pemasaran Kabupaten Toba Samosir, pegawai bidang pemasaran Kabupaten Tapanuli Utara dan Kepala Bidang Destinasi Wilayah 1.

 

 

Hasil dari penelitian ini adalah para stakeholder belum menjalankan perannya dengan maksimal dalam mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Kawasan Danau Toba. Namun Kabupaten Samosir sudah menjadi kabupaten yang paling maju dan berkomitmen dalam mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Toba. Kabupaten ini juga memiliki jumlah kunjungan wisman yang paling tinggi diantara kabupaten lainnya serta sudah dapat sejalan dengan Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata Kawasan Danau Toba.

Kata Kunci: Peran, Kolaborasi, Stakeholder Pariwisata.


Keywords


Peran, Kolaborasi, Stakeholder Pariwisata.

Full Text:

PDF

References


John W. Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Thomson,Ann Marie and James L. Perry.(2006). Collaboration processes: Inside the black box. Public Administration Review.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Undang -undang Nomor 50 tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Nasional

Wood, Donna J & Gay. (1991). Towards a comprehensive theory of collaboration, Journal of applied behavioral science. Vol.27




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v6i2.2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.