KOMPONEN-KOMPONEN PENDUKUNG PARIWISATA KUTA LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Rizal Kurniansah, Junia Jaya Purnama

Abstract


ABSTRAK
Daya tarik wisata Kuta Lombok saat ini tengah menjadi perhatian bagi pemerintah untuk dikembangkan karena daya tarik ini masuk kedalam kawasan mandalika yang menjadi salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas tahun 2017 untuk dikembangkan. Untuk itu menarik untuk dikaji lebih lanjut apakah komponen pendukung pariwisata di Kuta Lombok telah tersedi atau tidak.
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan komponen-komponen pendukung pariwisata Kuta Lombok. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan yaitu komponen pendukung pariwisata kuta Lombok antara lain: Atraksi yaitu pantai, fasilitas yaitu Hotel, Travel Agent, Anjugan Tunai Mandiri (ATM), Money Changer, Art Shop, listrik dan fasilitas komunikasi. Akses yaitu Alat Transportasi Taxi, Bus/Travel car dan Jalan Raya. Berdasarkan pembahasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen pendukung pariwisata Kuta Lombok sudah lengkap dan memenuhi kriteria yang mampu memberikan kesan yang bagus bagi para wisatawan.
Kata kunci: Komponen, Pariwisata, Kuta, Lombok.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Lombok Tengah. 2016. Jumlah Hotel dan Akomodasi Lainnya Menurut Klasifikasi di Kabupaten Lombok Tengah, 2010-2015. Diakses pada tanggal 23 Januari 2019.Tersedia pada: https://lomboktengahkab.bps.go.id/statictable/2016/12/20/202/jumlah-hotel-dan-akomodasi-lainnya-menurut-klasifikasi-di-kabupaten-lombok-tengah-2010-2015-.html

Murianto. 2014. “Potensi dan Persepsi Masyarakat serta wisatawan Terhadap Pengembangan Ekowisata di Desa Aik Berik, Lombok Tengah”. Jurnal Master Pariwisata. Vol. 1 (1):43-64.

Rahman, Dadang Rizki. 2016. Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas 2016-2019. Jakarta. Kementerian Pariwisata.

Yoeti, Oka A. 2002. Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v6i1.2029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.