STRATEGI PEMASARAN DODOL BETAWI HB.TOHAHB. TOHA DI JAKARTA

Dianka Wahyuningtias, Nurul Sukma Lestari, Farah Levyta

Abstract


Dodol diolah dari tepung ketan, santan kelapa (dari kelapa yang sudah tua), dan gula jawa. Laki-Iaki bertugas mengupas kelapa dan mengaduk bubur tepung yang sudah mengental sampai masak dan berminyak.  Dodol Betawi Hb.Toha hanya tersedia pada saat-saat tertentu seperti lebaran idul fitri.  Karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti lebih jauh tentang “Dodol Betawi”.  Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengkaji strategi pemasaran yang selama ini telah diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb.Toha dalam memasarkan produk dodolnya. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran pada pemasaran Dodol Betawi. (3) Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb.Toha dalam memasarkan produk dodolnya. Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh pembuat Dodol Betawi Hb. Toha dalam memasarkan produk dodolnya.  Data yang didapatkan untuk penelitian ini didapatkan melalui kunjungan ke tempat pembuatan, hasil wawancara dengan pemilik(pembuat), karyawan, pembeli dan saluran distribusi.  Analisa yang dipergunakan adalah 4P, yaitu Place, Product, Price and Promotion.  
Kata kunci :dodol betawi, strategi pemasaran, 4P

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/.v4i1.1332

Refbacks