KORELASI ANTARA EVENT BUDAYA DENGAN CITRA DESTINASI PADA SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS 2017
Abstract
Kota semakin banyak menggunakan acara budaya untuk memperbaiki citranya, merangsang pembangunan perkotaan dan menarik wisatawan dan investor. Sebagai bagian dari strategi pengembangan pariwisata dan pengembangan kota berbasis budaya, kota Solo menggelar acara Solo International Performing Arts tahun 2017. Tujuannya adalah untuk menarik wisatawan dan mempertahankan sebagai kota budaya. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi sederhana. Terdapat 113 tanggapan oleh pengunjung penduduk dan non-penduduk terhadap acara Solo International Performing Arts digunakan untuk mengevaluasi efek citra kota dari acara tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara event budaya dengan citra destinasi dengan thitung 2,17 lebih besar dari ttabel 1,96. Citra kota sebagai tujuan wisata memang selalu menunjukkan peningkatan wisatawan yang berkunjung. Inilah yang akan selalu menjadi semangat dari proses pencarian bentuk yang ideal. Akhirnya dari seluruh penelitian ini akan bermuara pada satu tema besar yaitu kota yang besar karena kehidup antara tradisi masyarakatnya.
Kata Kunci :Special Event, Destination Image, SIPA
Kata Kunci :Special Event, Destination Image, SIPA
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v4i1.1331