PENGARUH UNSUR-UNSUR IKLAN PAJAK: HIBURAN, INFORMATIF DAN NILAI IKLAN

Michael Christian

Abstract


Data dari Direktur Jenderal Pajak Kementrian Keuangan menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan
masyarakat Indonesia dalam membayar pajak masih relatif rendah melihat pada tahun 2016 penerimaan
pajak belum mencapai 100%. Efektivitas iklan akan terbentuk ketika slogan iklan berhasil menggiring
pengetahuan masyarakat, sikap, dan pandangan mengenai suatu produk yang diharapkan dapat
membentuk kesadaran merek akan pentingnya manfaat pajak bagi masyarakat. Ketidaktercapaian target
pemerintah dalam angka penerimaan pajak masih memerlukan strategi-strategi yang lebih tepat sasaran
dalam membentuk kesadasaran akan pajak bagi masyarakat Indonesia. Efektivitas melalui iklan yang
gencar dilakukan oleh pemerintah nyatanya masih perlu dibuktikan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengukur pengaruh faktor-faktor entertainment, informativeness dan advertising value terhadap
kepatuhan wajib pajak (WP). Dengan menggunakan SPSS dan jumlah sampel 60, hasil penelitian ini
menjelaskan bahwa faktor entertainment dan advertising value pada iklan pajak tidak mempengaruhi
kepatuhan WP, sedangkan faktor informativeness mempengaruhi WP. Secara simultan, semua peubah
bebas mempengaruhi peubah terikat. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penggunaan pajak yang
tidak spesifik dan juga penggunaan jumlah sampel yang masih dapat ditambah.
Kata kunci: pajak, hiburan, informatif, nilai, kepatuhan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v3i02.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats