Pemanfaatan aplikasi dan tingkat pengetahuan smart government terpadu untuk perubahan perilaku masyarakat

Ilona VO Situmeang, Woro Harkandi Kencana, Meisyanti Meisyanti, Khina Januar Rahmawati, Herlin Setio Nugroho, Adiella Yankie Lubis

Abstract


Digitalisasi memudahkan individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu lain. Kemajuan digitalisasi membantu masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan publik secara digital, seperti yang dilakukan pemerintah desa Rawa Urip dengan menggunakan aplikasi smart Government, masyarakat desa diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang penggunaan aplikasi ini agar dapat menggunakan untuk kegiatan sehari-hari. Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat desa mengalami perubahan perilaku yang terbiasa datang kebalai desa untuk mendapatkan pelayanan berubah dengan pelayanan digital dimana saja dan kapan saja. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma penelitian positivism, pendekatan penelitian kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dengan metode penelitian survey. Hasil yang diperoleh terdapat hubungan yang kuat antara pemanfaatan aplikasi terintegrasi Smart Government dan Tingkat Pengetahuan terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat.


Keywords


Smart Government, Education Level, Attitude Change, Rawa Urip Village

References


Afriyani Ami, Idah Wahidah, M. T. H. W. (2021). Penerapan Digital Government di Desa Sukajaya Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 3(2), 147–158.

Aninditya, D., & Banowati, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Perilaku Petani dalam Memelihara Saluran Irigasi di Desa Kunjeng Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jurnal Unnes, 8(3)(3), 174–181.

Assegaff, S. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 271–293. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.3.4

Atthahara Haura. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66–77.

Bafadhal, O. M., & Santoso, A. D. (2020). Memetakan Pesan Hoaks Berita Covid-19 Di Indonesia Lintas Kategori, Sumber, Dan Jenis Disinformasi. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 235. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2148

Bandungkab.go.id. (n.d.). E-Gov Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintah Kepada Publik. Pemerintahan Kabupaten Bandung.

Doramia Lumbanraja, A. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220–231. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.220-231

Feld, H. (2019). The Case for the Digital Platform Act: Market Structure and Regulation of Digital Platforms.

Girsang, L. R., & Situmeang, I. O. (2014). Implementasi Difusi Inovasi Pada Sistem Sosial Terkait Dengan Penggunaan E-Ticketing Sebagai Pengganti Pembayaran Tunai dan Sistem Antri. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 8(2), 188–216.

Hawa, P., & Salomo, R. V. (2020). Kesiapan Digitalisasi Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 6(1), 8–19. https://doi.org/10.33084/restorica.v6i1.1251

Hein, A., Schreieck, M., Riasanow, T., Setzke, D. S., Wiesche, M., Böhm, M., & Krcmar, H. (2020). Digital platform ecosystems. Electronic Markets, 30(1), 87–98. https://doi.org/10.1007/s12525-019-00377-4

Hemsley, J., & Mason, R. M. (2013). Knowledge and Knowledge Management in the Social Media Age. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 23(1–2), 138–167. https://doi.org/10.1080/10919392.2013.748614

Irawati, I., & Munajat, E. (2018). Electronic government assessment in West Java Province, Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(2), 365–381.

Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Antropologi (R. Cipta (ed.)).

Kristiyanto, E. N. (2016). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 16(2), 231–244. https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/dejure/article/view/59/11

Kusuma, T. M., Wulandari, E., Widiyanto, T., & Kartika, D. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Kebiasaan Konsumsi Jamu pada Mayarakat Magelang Tahun 2019. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia, 37–42. https://doi.org/10.23917/pharmacon.v0i0.10857

Munawaruzaman, A. (2020). Implementation of Digital Transformation of the Ministry of Agraria To Improve Public Services. Prosding Seminar Nasional, 1(1), 589–598.

Notoatmodjo, S. (2014). Pendidikan dan perilaku kesehatan (Revisi). Rineka Cipta.

Pittaway, J. J., & Montazemi, A. R. (2020). Know-how to lead digital transformation: The case of local governments. Government Information Quarterly, 37(4). https://doi.org/10.1016/j.giq.2020.101474

Putri, I. R., & Pratiwi, E. (2022). Aktivisme digital dan pemanfaatan media baru sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat atas isu lingkungan. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(2), 231. https://doi.org/10.30813/bricolage.v8i2.3303

Ramadhannisa, R. T., Indrawan, R., Situmeang, I. V. O., Kencana, W. H., Meisyanti, & Rahmawati, K. J. (2022). Sosialisasi Aplikasi Smart Government Pada Masyarakat Desa Rawa Urip , Kabupaten Cirebon. 5(3), 186–191.

Sagala, S. H., Maifita, Y., & Armaita. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Covid-19. Jurnal Menara Medika, 2(1), 119–127.

Sekar, G., & D.A, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Perilaku Hidup Bersih Poned X. Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 7–14.

Situmeang, Ilona V O & Situmeang, I. R. V. O. (2019). Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Layanan Masyarakat di Youtube dan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Keputusan Menggunakan Vaksin Measles dan Rubella ( Mr ) pada Anak ( Studi Eksplanatif pada Subscribe Iklan Layanan Masyarakat Vaksin Measles dan Rube. Komunida, 09, 235–253.

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v9i1.3869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats