KEBERLANJUTAN JURNALISTIK SEHAT DI ERA KONVERGENSI DARING SUARASURABAYA.NET DENGAN PENDEKATAN ENGAGEMENT PYRAMID

Anak Agung Istri Prihandari Satvikadewi, Irmasanthi Danadharta, Bambang Aprianto

Abstract


ABSTRACT

The approach of engagement pyramid, which is a response to the increasingly complex relations between consumers and producers in the digital era, offers a solution so that the sustainability of an organization, product or a particular brand can be maintained, through one key concept: engagement. Applying the approach of the engagement pyramid in online journalism enables the creation of a healthy journalistic process, because the demands of high speed verification and curation procedure of the news or other journalistic products can still be fulfilled through the stages of engagement. The stages of engagement include watching, sharing, commenting, producing and curating. This article is a summary of research on the application of engagement pyramid in the news media portal http://suarasurabaya.net. With the case study method, Suara Surabaya dot Net was chosen as a subject based on meeting criteria as convergent media. As a result, the pyramid engagement approach has implications for the continuity of good relations between the media and listeners, which also have consequences on the structure of the writings as the product of online journalism, considering that media platform used (radio, portal, social media and micro blogging) each has specific characteristics.

Keywords: Engagement Pyramid, Healthy Journalistic, Online Convergence, Suarasurabaya.net.

ABSTRAK

Pendekatan engagement pyramid yang merupakan respon terhadap semakin kompleksnya relasi antara produsen di era digital dan konsumen, menawarkan jalan tengah agar keberlanjutan sebuah organisasi, produk maupun brand dapat terjaga, melalui satu konsep kunci yaitu keterlibatan. Pendekatan piramida keterlibatan dalam jurnalisme daring memungkinkan terciptanya proses jurnalistik yang sehat, karena meskipun dalam tuntutan kecepatan yang tinggi, verifikasi dan kurasi berita atau produk jurnalistik lainnya tetap tetap bisa dilakukan melalui tahap-tahap keterlibatan. Tahap-tahap keterlibatan tersebut meliputi watching, sharing, commenting, producing dan currating. Artikel ini merupakan ringkasan dari penelitian tentang penerapan engagement pyramid di media portal berita http://suarasurabaya.net. Dengan metode studi kasus, Suara Surabaya dot Net dipilih sebagai subjek berdasarkan pemenuhan kriteria sebagai media konvergen. Hasilnya, pendekatan engagement pyramid selain berimplikasi pada keberlanjutan hubungan baik antara media dengan pendengar juga berkonsekuensi pada struktur penulisan produk jurnalistik, mengingat masing-masing platform media yang digunakan (radio, portal, media sosial dan micro blogging) memiliki karakteristik yang spesifik.

Kata Kunci: Engagement Pyramid, Jurnalistik Sehat, Konvergensi Daring, Suarasurabaya.net.


Keywords


Engagement Pyramid; Healthy Journalistic; Online Convergence; Suarasurabaya.net

Full Text:

PDF

References


Adelia, O., Diponegoro, U., Tembalang, K. U., & Berita, P. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH WARTAWAN JAWA POS. Interaksi Online, 7(3), 171–182. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php /interaksi-online/article/view/24156

Alamiyah, S. S. (2015). Peluang Dan Tantangan Citizen Journalism Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 27–38.

Alatas, S., & Sutanto, V. (2019). Cyberfeminisme and Female Empowerment through New Media. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.2.165-176

Asy’ari, N. A. S., & Luthfi, M. (2018). ANALISIS PENERAPAN KONVERGENSI MEDIA PADA USAHA PENYIARAN RADIO DI PONOROGO. Perspektif Komunikasi, 1(2). Retrieved fromhttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/3892

Baughan, C. C. (2019). Using Coaching and Performance Feedback to Increase Head Start Teachers ’ Use of Teaching Pyramid Model Practices. Dialog, 22(1), 57–76. Retrieved from https://journals.uncc.edu/dialog/article/view/774

Fensi, F. (2018). FENOMENA HOAX : Tantangan terhadap Idealisme Media & Etika Bermedia. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage

Hamna, D. M. (2018). KONVERGENSI MEDIA TERHADAP KINERJA JURNALIS (STUDI KASUS: FAJAR TV DAN FAJAR FM). Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 58–83. https://doi.org/10.24252/jdt.v19i1.5911

Insani, C. N., Hidayat, D. R., & Zulfan, I. (2019). Pemanfaatan Insta Story Dalam Aktivitas Jurnalistik Oleh Majalah Gadis. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 40–56. https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22453

Khadziq, K. (2016). KONVERGENSI MEDIA SURAT KABAR LOKAL (Studi Deskriptif Pemanfaatan Internet Pada Koran Tribun Jogja dalam Membangun Industri Media Cetak Lokal). Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(1), 5–20. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1187

Marselis, R. (2011). Digitizing migration heritage: A case study of a minority museum. MedieKultur: Journal of Media and Communication Research, 27(50), 84–99. https://doi.org/10.7146/mediekultur.v27i50.3325

Marta, R. F., Pricillia, P., Kasasih, M. F., & Iskandar, M. C. E. (2015). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI STRATEGI BRAND ACTIVATION POND’S UNTUK MERAIH TOP BRAND AWARD 2013. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 6(1), 22–30. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/2778/2034

Nugroho, Y., Putri, D. A., & Laksmi, S. (2012). Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia (Vol. 2). Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31581151/Pemetaan-Industri-Media_FINAL_IND_052013.pdf?response-content-disposition=inline%3Bfilename%3DMemetakan_Lansekap_Industri_Media_Kontem.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMACSHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20191029%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20191029T072330Z&X-Amz-Expires=3600&X-Amz-SignedHeaders=host&X-Amz-Signature=dc0157f1ff0a37c85a95211a7f683c94ee021a55510974b34c4422345d4849ee

Permadi, A. (2019). PERILAKU JURNALISTIK PROFETIK MEDIA SIBER DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI (STUDI FENOMENOLOGI DI KALANGAN WARAWAN MUSLIM PADA MEDIA SIBER DI KOTA BANDUNG). Syntax Idea, 1(4), 23– 32. Retrieved from http://jurnal.syntaxidea.co.id/index.php/syntaxidea/article/download/32/49

Prilani, P. (2017). Content Aggregator: Problem Etis Jurnalisme Online Di Indonesia. Jurnal Nomosleca, 3(1), 515–525. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i1.1483

Sediyaningsih, S. (2018). KONVERGENSI MEDIA DI ERA DIGITAL (EKSPLOITASI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI ERA DIGITAL). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 52–57. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.752.2018

Trijayanto, D. (2015). ImplikasiKonvergensi Media Terhadap Industri “Premateur Industri Penyiaran Televisi Digital pada Teknologi Layanan Mobile Television di Indonesia.” PROMEDIA, I(1), 19–42. Retrieved from http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.

php/kom/article/download/97/76

Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM)). Jurnal Komunikasi, 12(1), 35–50. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art3

Winarni, N., & Lestari, R. D. (2019). Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com). Journal Pekommas, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040109




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v5i2.1855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats