DETERMINAN CITRA MEREK PADA IKLAN PRODUK GAWAI “VIVO” BERDASARKAN ASPEK “CELEBRITY ENDORSER”

Fabianus Fensi, Michael Christian

Abstract


ABSTRACT
The impact of using influencers in a product such as a smartphone that can create stronger advertising effectiveness. This strengthens the understanding of advertising in an effort to tell stories, arouse emotions, create fantasy, and impact to provide strong visuals. This study aims to analyze the effect of VIVO brand image. By using quantitative research and processed with SPSS 25.0, the results of this study explain that brand image is partially influenced by factors such as endorser self quality, similarity, and persuasive power displayed. While factors can be trusted, expertise, physical attractiveness, popularity does not affect. Simultaneously the brand image in the VIVO device is influenced by Trustworthy factors, Expertise, Physical Attraction, Quality Appreciated, Similarity, Popularity, and Persuasive Strength.
Keywords: brand image, device, endorser, influencer


ABSTRAK
Dampak dari penggunaan influencer dalam dalam suatu produk seperti gawai yang dapat menciptakan efektivitas iklan yang lebih kuat. Hal ini menguatkan pemahaman iklan dalam upaya untuk menceritakan kisah, membangkitkan emosi, menciptakan fantasi, dan dampak memberikan visual yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek gawai VIVO. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan diolah dengan SPSS 25.0 hasil penelitian ini menjelaskan citra merek secara parsial dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas diri endorser, kesamaan, dan kekuatan persuasif yang ditampilkan. Sedangkan faktor-faktor dapat dipercaya, keahlian, daya tarik fisik, popularitas tidak berpengaruhi. Secara simultan citra merek pada gawai VIVO dipengaruhi oleh faktor-faktor Dapat Dipercaya, Keahlian, Daya Tarik Fisik, Kualitas Dihargai, Kesamaan, Popularitas, dan Kekuatan Persuasif.
Kata kunci: citra merek, gawai, endorser, influencer


Full Text:

PDF

References


Bachdar, S. 2017. Kekuatan Influencer Marketing di Balik Layar Vivo. Diakses pada tanggal 6 April 2018, from www.marketeers.com: http://marketeers.com/kekuatan-influencer-marketing-di-balik-layar-vivo/

Cholifah, N., Suharyono, & Hidayat, K. 2016. Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik

Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 170-177.

Ismayanti, N. A., & Santika, I. 2017. Pengaruh Celebrity endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Sepatu Olahraga Nike Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 610, 5720-5747.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management 14 ed.. United States of America: Pearson Education.

Kotler, P., & Kevin, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran 13 ed., Vol. 1. Jakarta: Erlangga.

Marselina, D., & Siregar, E. H. 2017. Pengaruh Celebrity endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, VIII1, 15-27.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rini, E. S., & Astuti, D. W. 2012. Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. Bisma Jurnal Bisnis dan Manajemen, 61, 1-12.

Rodiyaan, G., & Madiawati, P. N. 2016. Pengaruh Celebrity endorser Agnes Monica Terhadap Brand Image Pada Sampo Clear Women. e-Proceeding of Management, p. 3492.

Rossiter, J., & Smidts, A. 2012. print advertising: Celebrity presenters. Journal of Business Research, 659, 874.

Saparso, & Lesatari, D. 2009. Peranan Endorser Terhadap Brand Image Dari Sudut Pandang Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 93, 161-180.

Shimp, T. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Vol. 1. Jakarta: Eerlangga.

________. 2007. Integrated Marketing Communication In Advertising And Promotion 7 ed.. USA: Thomson South-Western.

Supriyadi, C. 2014. ZTE Smartphone: Tak Semua Produk Buatan Cina Rendah Kualitas. Diakses pada tanggal 6 April 6 2018, from www.marketing.co.id: https://marketing.co.id/zte-smartphone-tak-semua-produk-buatan-cina-rendah-kualitas/

Suryadi, D. 2017. Tiga Bersaudara Berebut Pasar Ponsel Indonesia. Diakses pada tanggal 6 April 2018, from www.swa.co.id: https://swa.co.id/swa/trends/marketing/tiga-bersaudara-berebut-pasar-ponsel-indonesia

Vendors' market share of smartphone shipments in Indonesia from 2014 to 2017*. 2018. Diakses pada tanggal 6 April 2018, from www.statista.com: https://www.statista.com/statistics/516302/indonesia-smartphone-shipments-vendor-market-share/

www.marketeers.com. 2017. Inilah Jawara Indonesia WOW Brand Tahun Ini. Diakses pada tanggal 6 April 6 2018, from www.marketeers.com: http://marketeers.com/inilah-jawara-indonesia-wow-brand-tahun-ini/

www.topbrand-award.com. n.d.. TOP BRAND FASE 1 2017 Kategori : Telekomunikasi/ It. Diakses pada tanggal April 6, 2018, from www.topbrand-award.com: http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/to




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats