EKSPRESI IDENTITAS MELALUI RELASI AYAH DAN ANAK PADA IKLAN YOUTUBE GRAB OFFICIAL

Yohanes Probo Dwi Sasongko, Rustono Farady Marta

Abstract


ABSTRACT
In each interaction between humans, messages and communication content have a significant impact on the audience. Likewise with the presence of advertisement as a message delivery medium that is packaged as well as possible between ad creators as communicators to the communicants. The fundamental orientation of this research is to explore Grab Official Ads uploaded on Youtube since November 2017, entitled "“Luangkan Waktu Untuknya yang Selalu Ada Untukmu!” (Take Time for Him Who Is Always There for You!) through the Cultural Dimensions Theory which was found by Hofstede. Grab attended to reveal the phenomenon of online transportation which kept a little pro-contra story in the society, but this mode of transporting people was increasingly popular because it was able to answer the need for high mobility. This study finds the dynamics of the cultural dimensions through appreciation of Grab for its customers by an advertisement that express Indonesian identity through the relationship between father and son in four of the six dimensions. The remaining two dimensions are consistently found in most pieces of the ads scenes, the interpretation of the researcher is inline with Hofstede Insight's principle for the majority percentages of Indonesian cultural dimensions.
Keywords: Expression of Identity, Relationship, Youtube, Grab Official


ABSTRAK
Dalam setiap kegiatan interaksi yang dilakukan manusia, pesan dan muatan komunikasi membawa dampak yang signifikan terhadap khalayak. Demikian pula dengan hadirnya iklan sebagai medium penghantar pesan yang dikemas sebaik mungkin antar kreator iklan sebagai komunikator kepada para komunikannya. Orientasi mendasar dari penelitian ini hendak menelusuri Iklan Grab Official yang diunggah pada Youtube sejak Bulan November 2017 yang bertajuk “Luangkan Waktu Untuknya yang Selalu Ada Untukmu!” melalui Teori Dimensi Budaya yang dicetuskan oleh Hofstede. Grab hadir menyibak fenomena transportasi online yang menyimpan sekelumit cerita pro-kontra di masyarakat, namun moda pengangkut orang ini justru kian digemari karena mampu menjawab kebutuhan akan tingginya mobilitas sehari-hari. Penelitian ini menemukan dinamika dimensi budaya melalui apresiasi Grab bagi para pelanggannya dalam iklan yang mengekspresikan identitas Indonesia melalui relasi diadik antara Ayah dan anaknya tersebut pada empat dari enam dimensi. Dua dimensi tersisa secara konsisten ditemukan pada sebagian besar potongan gambar adegan iklan, interpretasi peneliti ini sejalan dengan prinsip Hofstede Insight untuk mayoritas prosentase dimensi budaya Negara Indonesia.
Kata Kunci: Ekspresi Identitas, Relasi, Youtube, Grab Official


Full Text:

PDF

References


Aditya, Vita, Lisdian Fitri Nasrianti. 2017. Komunikasi Krisis di Sosial Media: Analisis Manajemen Krisis Iklan #PilihAman Grab Bike Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Publik dan Dinamika Masyarakat Lokal Magister Ilmu Komunikasi Universitas Lampung Buku B. November 2016 diakses dari http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/prosidingmikom/article/view/348/250 pada 10 September 2018

Agustiono, Tri, Dwi Nurrahmi Kusmastuti, Suparwoto. 2017. Teknik Editing dengan Mengoptimalkan Kontinuitas Gambar dalam Produksi Features “Boyolali Tersenyum” dalam Akrab: Jurnal Komunikasi Vol.2(2) diakses dari

https://ojs.akrb.ac.id/index.php/akrab/article/download/50/26 pada 12 Septermber 2018

Chang, Kara and Hao-Chieh Chang. 2014. Advertising to Chinese Youth: A Study of Public Service Ads in Hong Kong dalam Qualitative Market Research: An International Journal Vol.16(4) diakses dari https://repository.hkbu.edu.hk/cgi/viewcontent.cgi?article=1062&context=coms_ja pada 10 September 2018

Christian, Michael. 2017. Pengaruh Unsur-Unsur Iklan Pajak: Hiburan, Informatif, dan Nilai Iklan. Jurnal Bricolage Vol.3(2) diakses dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/936 pada 10 September 2018

Hariningsih, Endah. 2013. Internet Advertising sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Interaktif. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Administrasi Vol.1(2) diakses dari http://www.amaypk.ac.id/download/jurnal/Internet_Advertising_Sebagai_Media_Komunikasi_Pemasaran_Interaktif.pdf pada 08 September 2018

Hofstede. G. 1980. Cultures Consequences International Diffrences in Work Related Values. Beverly Hills, CA: Sage

_________. 1994. Cultures and Organizations Software of the Mind. London: Herper-Collins Publisher

https://www.facebook.com/GrabID/ Diunduh 11 September 2018. Pukul 18.20 WIB

https://www.grab.com/id/blog/luangkan-waktu-untuknya-yang-selalu-ada-untukmu/ Diunduh 08 September 2018. Pukul 18.20 WIB

https://www.hofstede-insights.com/product/compare-countries/ Diunduh 12 September 2018. Pukul 01.12 WIB

https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/17/08/02/ou2dir361-organda-indonesia-kehilangan-potensi-pajak-rp-16-triliun?source=graboards.com Diunduh 08 September 2018. Pukul 08.18 WIB

https://www.youtube.com/watch?v=QrLPtz0mzSk Diunduh 10 September 2018. Pukul 10.18 WIB

Kartika, Ayu Satya, A.A. Gede Agung Artha Kusuma. 2016. Peran Efektivitas Iklan dalam Memediasi Daya Tarik Iklan terhadap Brand Attitude pada Iklan Merek Aqua (Studi pada Konsumen Aqua) di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen UNUD Vol.5(1) diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjj0sDVxK_dAhVLpI8KHY4OAMUQFjAIegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fojs.unud.ac.id%2Findex.php%2FManajemen%2Farticle%2Fview%2F15792%2F11532&usg=AOvVaw376fp1GQf89v62rszyKCdt pada 08 September 2018

Leksono, Rafael Billy, Herwin. 2017. Pengaruh Harga dan Promosi Grab terhadap Brand Image yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online.

Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.2(3) diakses dari https://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/72/57 pada 10 September 2018

Manickavelan, Suganya. 2013. A Study on The Effect of Public Service Announcement in Television dalam ABHINAV: National Monthly Refereed Journal of Research Arts & Education Vol.2(6) diakses dari http://abhinavjournal.com/images/Arts_&_Education/Jun13/3.pdf pada 10 September 2018

Putra, Algamar. 2017. Pengaruh Iklan dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa FISIP Universitas Riau Vol.4(1) diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/133492-ID-pengaruh-iklan-dan-kepercayaan-merek-ter.pdf pada 08 September 2018

Putra, Muhammad Alamsyah Try, Nataniel Dengen, Andi Syakir. 2017. Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Banjir berbasis Multimedia Animasi Motion Graphic. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol.2(1) diakses dari http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/viewFile/238/pdf pada 10 September 2018

Singh, Krishna Pal and Anurag Singh. 2017. Public Service Advertising in India: An Evaluation through Literature. International Journal of Marketing & Financial Management Vol.5(3) diakses dari https://arseam.com/sites/default/files/published-papers/p8i3v5ijmfm%20FP-%2053-64%20Krishna%20Pal%20Singh%20Mar-2017.pdf pada 10 September 2018

Utomo, Heru, Eriq Muh. Adams Jonemaro, Mahardeka Tri Ananta. 2017. Perbandingan Usabilitas Aplikasi Taxi Online Android (Grab-Car dan Uber) menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.1(12) diakses dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/624/244/ pada 08 September 2018

Widiantoro, Danu. 2015. Strategi Perancangan Poster pada Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Menabung Air di Yogyakarta dalam Kreatif: Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol.3(1) diakses dari http://www.stsrdvisi.ac.id/jurnal/128 pada 10 September 2018

Widjaja, Andrew Tjenghar. 2016. Pengaruh Word of Mouth dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus mengenai Perilaku Konsumen terhadap Jasa Ojek Online GoJek . Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.53(12) diakses dari https://journal.untar.ac.id/index.php/bm/article/download/744/633 pada 10 September 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats