KOMODIFIKASI NILAI NASIONALISME SEBAGAI IDENTITAS SOSIAL MELALUI TETRALOGI STAND UP COMEDY PANDJI PRAGIWAKSONO

Lim Yudhi, Teguh Priyo Sadono

Abstract


ABSTRACT
Pandji Pragiwaksono during his career in stand up comedy has held four stand up comedy shows, each titled "Bhinneka Tunggal Tawa", "Merdeka Dalam Bercanda", "Mesakke Bangsaku", and "Juru Bicara". All material presented by Pandji is about the social issues that are present in the life of the Indonesian nation. Pandji hopes to provide a new perspective to the nation of Indonesia to maintain the spirit of nationalism in each stand up special. The stand up comedy material displayed by Pandji is always loaded with politics. It is also seen through some of his writings on his personal blog that always addresses socio-political issues. Anies Baswedan figure appeared in several writings of Pandji Pragiwaksono during the first round of the pilgrim campaign of DKI Jakarta in 2017. Pandji held a tour entitled "Juru Bicara (Spokesperson)" as well as he was a spokesperson for the candidate pair of governor and candidate for vice-governor Anies Baswedan and Sandiaga Uno. Every material stand up comedy brought by Pandji always discussed again through his personal blog. Pandji discusses that the solution of any social problems that exist in Indonesia is still lack of quality education in Indonesia. The solution is to need a figure who can bring these changes to improve the quality of education in Indonesia. the production of political interest discourse behind every material stand up Pandji Pragiwaksono which packs the value of nationalism as social identity becomes a commodity behind the tetralogy of stand up tour Pandji Pragiwaksono This study aims to show through AWK Teun A. van Dijk critically, political interests are sold with packing the value of nationalism as an ideological commodity as a commodification process in producing political campaign discourse through the process of reproduction of stand up comedy material from every stand up comedy special tour performed by Pandji Pragiwaksono.
Keywords : Stand up comedy, Commodification, Nasionalism, Critical Discourse


ABSTRAK
Pandji Pragiwaksono selama menekuni karirnya di bidang stand up comedy telah menggelar empat tour stand up comedy show yang masing-masing berjudul “Bhinneka Tunggal Tawa”, “Merdeka Dalam Bercanda”, “Mesakke Bangsaku”, dan “Juru Bicara”. Seluruh materi yang dibawakan oleh Pandji seputar isu-isu sosial yang hadir dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pandji berharap dapat memberikan perspektif baru kepada bangsa Indonesia untuk menjaga semangat nasionalisme dalam setiap stand up special-nya. Materi stand up comedy yang ditampilkan oleh Pandji selalu sarat dengan dunia politik. Hal ini juga terlihat melalui beberapa karya tulisannya di blog pribadinya yang selalu membahas isu-isu sosial politik. Sosok Anies Baswedan muncul dalam beberapa tulisan Pandji Pragiwaksono selama masa kampanye pilgub DKI Jakarta 2017 putaran pertama. Pandji menggelar tur-nya yang diberi judul “Juru Bicara” sekaligus ia saat itu menjadi juru bicara dari pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Setiap materi stand up comedy yang dibawakan oleh Pandji selalu dibahas kembali melalui blog pribadinya. Pandji membahas bahwa solusi dari setiap permasalahan sosial yang ada di Indonesia adalah masih kurangnya kualitas pendidikan di Indonesia. Solusinya adalah butuh sosok yang dapat membawa perubahan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. produksi wacana kepentingan politik di balik setiap materi stand up Pandji Pragiwaksono yang mengemas nilai nasionalisme sebagai identitas sosial menjadi sebuah komoditas di balik tetralogi stand up tour Pandji Pragiwaksono. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan melalui AWK Teun A. van Dijk secara kritis, kepentingan politik yang dijual dengan mengemas nilai nasionalisme sebagai sebuah komoditas ideologi sebagai sebuah proses komodifikasi dalam memproduksi wacana kampanye politik melalui proses reproduksi materi stand up comedy dari setiap pertunjukkan stand up comedy special tour yang dibawakan oleh Pandji Pragiwaksono.

Kata Kunci: Stand up comedy, Komodifikasi, Nasionalisme, Wacana Kritis


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Denzin, N. K, & Lincoln, Y. S. 2000. Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publications, Inc.

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media, Jakarta: LKis. Haryatmoko. 2017. Critical Discourse Analysis. Depok: Rajagrafindo Persada

Haryono, Cosmas Gatot. 2017. Praktek Produksi Hegemoni Militer melalui Film “Jenderal Soedirman”. Jurnal Bricolage Vol. 3. No.1 Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia.

http://www.cnnindonesia.com

http://jakarta-tourism.go.id/2017/news/2018/01/kesenian-lenong

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20160815201303-234-151564/cuap-cuap-pandji-pragiwaksono-jadi-juru-bicara-di-5-benua

http://www.kompasiana.com/yonathan90/tentang-stand-up-comedy-di-indonesia_550ad129813311e717b1e1a9

https://www.kompasiana.com/dipatri/awal-mula-stand-up-comedy_55286b96f17e616c498b45e8

http://www.kompasiana.com/elisabethpinerang/media-baru-dan-teknologi_56cf3672737e615f0e8b4567

http://www.kompasiana.com/stephanusaranditio/media-baru-dan-karakteristiknya_54f8c48aa333115c378b46a6

https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-media-sosial-di-indonesia

http://www.Pandji.com

https://www.voaindonesia.com/a/pandji-pragiwaksono-bawa-misi-mesakke-bangsaku-ke-as/2733996.html

Iorio, S.H. 2004. Qualitative Research in Journalism: Taking It To The Streets. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Jorgensen, Marianne W. dan Phillips, Louise J. 2010. Analisis Wacana, Teori dan Metode, Jakarta: Pustaka Pelajar. Littlejohn,

Stephen W. 2012. Theories of Human Communication 9th Edition.

California: Wadsworth Publishing Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Neuman, William Lawrence. 2006. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Toronto: Pearson Education Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika dan Analisis Framming. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suyanto, Bagong, and Sutinah. 2007. Metode Penelitian Sosial: Bebagai Alternatif Pengamatan. Jakarta: Kencana Persada Media Group

Van, Dijk Teun A. 1993. Principles of Critical Discourse Analysis. Discourse & Society London: SAGE Publications

Van Dijk, Teun A. 2000. Discourse Ideology and Context. London: SAGE Publications

Vardiansyah, Dani. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar: Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Accredited by:

          

 

Indexed by:

  

        

UNIVERSITAS BUNDA MULIA PRESS

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI
Lantai 3 Ruang Pascasarjana - Universitas Bunda Mulia
Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol – Jakarta Utara 14430, Indonesia
Telp: +62 21 692 9090 ext.1317
Email: bricolage@ubm.ac.id; bricolage.mikom@gmail.com

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats