DIGITAL LEARNING HUB: PUSAT VIDEO EDUKASI DAN ARSIP RANCANGAN, LAPORAN, SERTA SCRIPT CODING

Agustin Meisi Pramasela, Arief Susanto, Evanita Evanita

Abstract


Penyusunan skripsi merupakan tahapan penting dalam pendidikan tinggi yang sering kali menimbulkan kendala bagi mahasiswa, terutama yang belum memiliki pengalaman akademik yang cukup. Keterbatasan bimbingan dan kurangnya akses terhadap referensi yang terstruktur menjadi faktor utama yang menghambat proses penyelesaian tugas akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Digital Learning Hub, sebuah platform digital yang menyediakan materi pembelajaran berupa video edukatif serta dokumen referensi, seperti rancangan sistem, laporan, dan skrip pemrograman. Platform ini dirancang untuk memberikan panduan yang terintegrasi guna mendukung mahasiswa dalam setiap tahapan penyusunan skripsi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan pendekatan rekayasa perangkat lunak yang sistematis dan terstruktur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Digital Learning Hub dapat membantu meningkatkan aksesibilitas terhadap sumber belajar serta memberikan kemudahan dalam memahami proses penyusunan skripsi secara menyeluruh. Dengan demikian, platform ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses akademik mahasiswa di perguruan tinggi.

Keywords


Skripsi, Platform, Referensi Akademik

Full Text:

PDF 810-819

References


M. Nurfadillah and A. Ardiansah, “Perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi sebelum dan saat pandemi COVID-19,” Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 16, no. 1, p. 21, Jun. 2021, doi: 10.14421/fhrs.2021.162.21-39.

P. V. Togas, O. Naharia, H. Manggopa, P. D. T. Rompas, and R. Oroh, “Development of Web-Based Digital System Learning Media,” Asia Pacific Journal of Management and Education, vol. 4, no. 3, pp. 22–34, Nov. 2021, doi: 10.32535/apjme.v4i3.1263.

F. Zahroh and M. Sholeh, “Efektivitas literasi digital dalam meningkatkan pelaksanaan

pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19,” 2021.

B. Fachri and R. Wahyu Surbakti, “Perancangan sistem dan desain undangan digital menggunakan metode waterfall berbasis website (studi kasus: Asco Jaya),” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

J. Alif Ramadhan, D. Tresya Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” 2023.

M. Usnaini, V. Yasin, and A. Z. Sianipar, “Perancangan sistem informasi inventarisasi aset berbasis web menggunakan metode waterfall,” Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, vol. 1, no. 1, p. 36, Feb. 2021, doi: 10.52362/jmijayakarta.v1i1.415.

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, “Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah),” 2021.

I. Maulana, A. Sinjaya, and Madhakomala. R, “Analisis Mutu Pendidikan Dengan Pendekatan Control Chart Shewhart, Fishbone Diagram, Flow Chart, Dan Diagram SWOT,” 2024. [Online]. Available: http://jurnal.iuqibogor.ac.id

T. A. Rospricilia, M. Nizar, and P. Ma’ady, “Pemodelan Integration Use Case (IUC):

Perancangan Use Case Diagram (UML) untuk Sistem-sistem yang Terintegrasi,” 2024.

S. W. Ramdany, S. Aulia Kaidar, B. Aguchino, C. Amelia, A. Putri, and R. Anggie, “Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,” 2024.

M. Jibril and M. Amin, “Pengujian Sistem Informari E-Modul Pada SMPN 1 Tempuling Menggunakan Black Box Testing,” 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v8i2.8837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

 


Recommended Tools:


Dimension