PERANCANGAN TOOLS KRIPTOGRAFI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA CAESAR, VIGENERE DAN STEGANOGRAFI EOF

Jaeson Octavianus, Lukman Hakim

Abstract


Cryptography is a science or art that is useful for maintaining the confidentiality of letters by converting messages into forms that are no longer understood (Simargolang, 2017). Many students feel that the dissemination of cryptographic information that is disseminated is still ineffective, because there are still many students who do not really understand cryptography so they have to surf the internet, read books, etc. to find additional information. The purpose of this research is to create applications that are effective and can be a medium for disseminating information for students about cryptography to develop their level of knowledge of cryptography and to disseminate additional information about cryptography through cryptography educational applications. The data collection technique used in this research is by conducting a literature study and collecting primary data. The data used is obtained from conducting a survey using google form and is used to determine decisions in making the "EduKripto" application. With the high level of student desire to learn cryptography, 41.2% enthusiasts and 11.8% tentative, it can be concluded that this application can help students learn cryptography coupled with the application accuracy level in running algorithms and getting the right output is 100% during trials on the "EduKripto" application, as well as the data obtained indicate that after using "EduKripto" the level of understanding of students with less understanding changed from 77.7% to 38.9% and the level of understanding of students with more than average understanding increased from 22.3% to 61.2%, so it can be concluded that the use of the "EduKripto" application can help in developing the level of understanding of cryptography.

Kriptografi merupakan ilmu atau seni yang berguna untuk menjaga kerahasiaan surat dengan cara mengubah pesan menjadi bentuk yang tidak dipahami lagi (Simargolang, 2017). Banyak pelajar merasakan bahwa penyebaran informasi kriptografi yang disebarkan  masih kurang efektif, dikarenakan masih banyaknya siswa yang tidak terlalu memahami kriptografi sehingga harus menjelajah internet, membaca buku, dll untuk mencari informasi tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang bersifat efektif dan dapat menjadi media penyebaran informasi bagi mahasiswa mengenai kriptografi untuk mengembangkan tingkat pengetahuan kriptografi serta menyebarkan informasi tambahan mengenai kriptografi melalui aplikasi edukasi kriptografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan studi literatur dan pengumpulan data primer, Data yang digunakan didapat dari melakukan survey dengan menggunakan google form dan digunakan untuk menentukan keputusan dalam membuat aplikasi “EduKripto”. Dengan tingginya tingkat keinginan siswa untuk mempelajari kriptografi, sebesar 41.2% peminat dan 11.8% tentatif , dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu siswa dalam mempelajari kriptografi ditambah dengan tingkat akurasi aplikasi dalam menjalankan algoritma dan mendapatkan output yang tepat adalah 100% selama dilakukan uji coba pada aplikasi “EduKripto”, serta data yang didapat mengindikasikan bahwa setelah menggunakan “EduKripto” tingkat pemahaman mahasiswa dengan pemahaman kurang berubah dari 77,7% menjadi 38,9% dan tingkat pemahaman mahasiswa dengan pemahaman lebih dari rata-rata meningkat dari  22,3% menjadi 61,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi “EduKripto” dapat membantu dalam pengembangan tingkat pemahaman kriptografi.


Keywords


Aplikasi, Edukasi, EduKripto, Efektif, Kriptografi

Full Text:

PDF 489-494

References


H. Hendy and H. Akbar, “Pengembangan Aplikasi Android Belajar Kriptografi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Kriptografi,” J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 17–25, 2021, doi: 10.31294/ji.v8i1.9420.

E. Khoerunnisa and G. A. Grafiyana, “Motivasi Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar,” Psisula Pros. Berk. Psikol., vol. 1, no. April, 2020, doi: 10.30659/psisula.v1i0.7687.

B. O. Samekto, “Rancang Bangun Game Edumatika Berbasis Android,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 14, no. 1, 2020, doi: 10.32815/jitika.v14i1.402.

U. N. Medan, U. Haji, and S. Utara, “= 2,01, t,” vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2022.

F. I. Lubis, H. F. S. Simbolon, T. P. Batubara, and R. W. Sembiring, “Combination of caesar cipher modification with transposition cipher,” Adv. Sci. Technol. Eng. Syst., vol. 2, no. 5, pp. 22–25, 2017, doi: 10.25046/aj020504.

T. M. Aung, H. H. Naing, and N. N. Hla, “A complex transformation of monoalphabetic cipher to polyalphabetic cipher: (Vigenère-Affine Cipher),” Int. J. Mach. Learn. Comput., vol. 9, no. 3, pp. 296–303, 2019, doi: 10.18178/ijmlc.2019.9.3.801.

J. Rosmiyati and T. M. S. Mulyana, “Watermark Dengan Gabungan Steganografi Dan Visible Watermarking,” J. Algoritm. Log. dan Komputasi, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, 2018, doi: 10.30813/j-alu.v1i1.1109.

B. V. Indriyono, “Implementasi Sistem Keamanan File dengan Metode Steganografi EOF dan Enkripsi Caesar Cipher,” Sisfo, vol. 06, no. 01, pp. 1–16, 2016, doi: 10.24089/j.sisfo.2016.09.001.

Hermansa, R. Umar, and A. Yudhana, “Pangamanan Pesan Menggunakan Kriptografi,” J. Sains Komput. Mat. , vol. Vol 4, pp. 1–13, 2020.

W. Darmalaksana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan,” Pre-print Digit. Libr. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 1–6, 2020.

S. Helmi, Analisis data, no. July. 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v5i02.3526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: