RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PT. DUTA PERFUME BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SEKUENSIAL LINIER

Muhammad Fathur Prayuda, Egie Hermawan, Mochammad Aldisetya, Yaddarabullah Yaddarabullah

Abstract


Permasalahan yang menghambat kemajuan penjualan dapat teratasi karena online marketing tidak mengenal batas wilayah, mempermudah mencari konsumen, promosi, serta transaksi bisnis untuk mengatasi permasalahan dalam penjualan tentang produk-produk yang di hasilkan oleh suatu perusahaan. Dengan adanya online marketing, pengusaha-pengusaha kecil seperti UMKM-K dapat menaikkan nama agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat diluar lingkungannya. Sehingga penjualan barang dapat meningkat yang dapat membuaat usaha UMKM-K menjadi lebih maju dan dapat memperluas usahannya. Seperti yang ada pada Toko PT.Duta Perfume yang merupakan perusahaan swasta yang mana bergerak di bidang penjualan perfume atau minyak wangi. Karena itu Toko PT. Duta Perfume memiliki permasalahan bagaimana agar usaha tersebut bisa diperluas dalam mendapatkan customer baik di tempat tersebut maupun di daerah lain untuk membeli produk tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut Toko PT. Duta Perfume ingin membuat serta membangun sebuah sistem informasi yang lebih tepatnya bergerak dibidang online. Pada penelitian ini akan membangun sistem informasi berbasis web menggunkan metode sekuensial linear, proses implementasi dilakukan dengan menggunakkan visual studio code sebagai text editor, menggunakan bahasa program PHP dan pengorganisasian RDBMS menggunakan MySQL. Proses pengujiannya menggunakan metode black-box testing. Hasil dari penelitian ini dapat membantu penjualan PT. Duta Perfume dalam memanfaatkan online marketing (pemasaran online) dengan menggunakan teknologi e-commerce.

Keywords


e-commerce, Sistem Informasi, Perfume, Sekuensial Linear

Full Text:

PDF

References


Galiha, S. T., Mustafidb, & Sugihartob, A. (2011). Rancang Bangun Portal E-Commerce Semarang-Handycraft Berorientasi Obyek . Jurnal Sistem Informasi Bisnis , 16-21.

Aryanto, A., & Tjendrowaseno, T. I. (2013). Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4).

Wulandari, W., & Aprilia, S. (2017). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal Tam (Technology Acceptance Model), 4, 41–47.

Hasanah, U. (2013). Sistem Informasi Penjualan On_Line Pada Toko Kreatif Suncom Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Dewi, L. C. (2013). Sistem informasi pembelian, persediaan, dan penjualan untuk Apotek. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(1), 430–442.

Erinawati, H. D. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4).

Pakaja, F., Naba, A., & Purwanto, P. (2012). Peramalan Penjualan Mobil Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan dan Certainty Factor. Jurnal Eeccis, 6(1), 23–28.

Rahardjo, B. (2001). Aspek Teknologi Dan Keamanan Dalam Internet Banking. PT Insan Indonesia. PT INDOCISC.

Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1).

Yuliano, T. (2007). Pengenalan Php. IlmuKomputer. Com.

Ramadhani, S., Urifatun, A., & Masruro, S. T. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika, 5(2).

Yaddarabullah, Y., Agusalim, L., & Karim, M. (2018). Pengembangan Aplikasi Web Pemetaan Perkembangan Koperasi di Indonesia Berbasis Web Modeling Language. Jurnal KomtekInfo, 5(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v3i1.2072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: