PENGEMBANGAN APLIKASI PEMODELAN COSPLAY DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi pemodelan 3D cosplay dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Aplikasi digunakan oleh pengunjung festival Jepang, baik cosplayer maupun bukan cosplayer. Aplikasi terdiri dari tiga menu yaitu menu untuk masuk ke ruangan display cosplay, menu mix & match kostum untuk laki-laki dan perempuan, serta menu untuk penjelasan mengenai cosplay. Peneliti mengembangkan aplikasi menggunakan metode Interactive Multimedia System of Design and Development (IMSDD). Pengembangan aplikasi menggunakan Blender dan Unity3D. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis Android dengan format file APK yang dijalankan pada telepon pintar dengan sensor Gyroscope dan sistem operasi minimum Android 4.4 KitKat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Rastati, 2012. "Media dan Identitas: Cultural Imperialism Jepang," Jurnal Komunikasi Indonesia, Vol. 1 No. 2.
M. Dasbatz, 2014. Designing Interactive Multimedia Systems, McGraw-Hill.
J. Rori, S. . Sentinuwo and S. Karouw, 2016 Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi," Journal Teknik Informatika, Vols. 8, No.1J. Glover, 2016. Unity Programming for Human Beings, Zenva.
DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v2i2.1849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840
Indexed By
Recomended Tools: