PENERAPAN RC5 UNTUK PENGAMANAN NILAI MATAKULIAH MAHASISWA PADA KAMPUS XYZ

Yohanes Setiawan Japriadi, Dian Novianto

Abstract


Data nilai matakuliah mahasiswa merupakan data yang sangat penting dan bersifat rahasia pada suatu kampus. Dikarenakan sifat dari data nilai matakuliah mahasiswa ini, tidak jarang perlu tindakan pengamanan untuk menjaga kerahasiannya. Hal ini dimaksudkan agar data nilai tidak gampang dibaca maupun dimanipulasi oleh pihak yang tidak berwenang. Salah satu solusi pengamanan data adalah menggunakan algoritma kriptografi RC5. Data nilai (plain teks) yang diinput dosen perlu mengalami proses enkripsi saat disimpan ke dalam basisdata (cipher teks) dan perlu mengalami proses dekripsi saat nilai yang tersimpan di dalam basisdata dapat dilihat oleh mahasiswa. Algoritma kriptografi yang baik adalah algoritma kriptografi yang dapat melakukan proses enkripsi dan proses dekripsi tanpa merusak atau mengubah data aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah algoritma kriptografi RC5 dapat diterapkan sebagai pengaman data nilai matakuliah mahasiswa dengan tingkat keberhasilan enkripsi dan dekripsi 100%. Data nilai yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari data nilai matakuliah mahasiswa STMIK Atma Luhur Pangkalpinang tahun ajaran 2018/2019 semester Genap. Dari hasil pengujian terhadap 2.060 record nilai matakuliah mahasiswa STMIK Atma Luhur, diperoleh hasil bahwa algoritma kriptografi RC5 yang digunakan memiliki tingkat keberhasilan 100% dalam mengenkripsi dan mendekripsi data nilai yang dimaksud. Sehingga, RC5 dianggap layak digunakan untuk mengamankan data nilai matakuliah mahasiswa pada suatu kampus.

Keywords


kriptografi, enkripsi, dekripsi, RC5, pengamanan nilai mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Prabowo, W., Harahap, A., & Ismadiah, R. (2018). Penyandian File Word Berdasarkan Algoritma Rivest Code 5 (RC5). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 2(1), 47-56.

Rifky, Ilham (2018). Kombinasi Algoritma RC5 Block Cipher dan Rebalanced RSA dalam Pengamanan Pesan Instan. Universitas Sumatera Utara.

Nilawati (2017). Perancangan Aplikasi Keamanan File Teks Menggunakan Algoritma RC5 Dengan Algoritma RC6. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : XVI, Nomor: 2, April 2017, 147-151.

Amalia, Zia (2019). Model Implementasi Algoritma Rc5 Pada Halaman Entri Nilai Dan Khs Mahasiswa (Studi Kasus: Website Dosen Dan Mahasiswa STMIK Atma Luhur Pangkalpinang). STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.

Atis, Ahmed (2017). Steganography in Audio Using RC5 and Rijndeal Algorithms. Journal of The Iraqi University, Year: 2017 Issue: 39-1 Pages: 765-774.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v2i2.1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: