EVALUASI KUALITAS DAN PENGARUH WEBSITE GALERI MEDIKA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Rini Sulistyowati, Dina Meisiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website Galeri Medika  berdasarkan metoder WebQual 4.0 yang terdiri dari tiga variabel yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi dan layanan interaksi terhadap kepuasan pengguna. Data dikumpulkan melalui pernyataan kuesioner yang berisi 26 butir pernyataan kepada 60 responden yang merupakan pengguna website Galeri Medika. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunkan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengolahan data dapat diketahui bahwa persepsi pengguna dimensi kemudahan pengguna, kualitas informasi, dan layanan interaksi termasuk dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan pengaruh ketiga variabel tersebut terdapat dua variabel yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu dimensi kemudahan pengguna dan dimensi kualitas informasi. Sedangkan variabel layanan interaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarakan hasil penelitian maka yang harus difokuskan adalah untuk meningkatkan kualitas dalam layanan interaksi


Keywords


webqual 4.0, responden, variabel

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2015:1). Web Programing is Easy. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Barner, S. &. (2013). Measuring Website Quality Improvements: A Case Study Of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data System.

Bekti, H. (2015:35). Mahir Membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS, Dan Jquery. Jakarta: Andi Publisher.

https://dhawyscientist.wordpress.com/2015/01/28/metode-pengendalian-persediaan-eoqeconomically-order-quality/. (n.d.).

Kotler, P. a. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Lupiyoadi, R. (2014:217). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Monalisa. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 13, No.2, Juni 2016, pp.181 - 189, 9.

Nasution, M. (2004:114). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Nilasari, S. (2014:2). Jago Membuat Website Gratis & Cepat Secara Otodidak - Edisi Terbaru. Dunia komputer.

Satori D dan Komariyah, A. (2014:200). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015:334). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Vidgen, S. B. (2001). WebQual: An Exploration of Website Quality. Bath: School Of Manajement, Universitiy of Bath.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v2i2.1846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: