IMPLEMENTASI DETEKSI TEPI UNTUK MENDETEKSI KERETAKAN TULANG ORANG LANJUT USIA (MANULA) PADA CITRA RONTGEN DENGAN OPERATOR SOBEL DAN PREWITT

I Gusti Ngurah Suryantara

Abstract


Citra digital sekarang ini sangat bermanfaat dalam segala bidang, citra digital dibutuhkan oleh pengguna untuk analisis dan mengambil keputusan. Berbagai analisis citra digunakan untuk menghasilkan citra keluaran sesuai dengan kebutuhan.  Penggunaan filter pada citra masukan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghasilkan citra keluaran sesuai kebutuhan. Pada penelitian ini membuat aplikasi pengolahan citra menggunakan filter Sobel dan Prewitt. Filter Sobel dan Prewitt untuk menghasilkan tepi pada citra. Deteksi tepi pada citra bisa diimplementasikan pada bidang medis, seperti analisis keretakan pada tulang. Keretakan pada tulang menciptakan tepi, bagian yang retak diperkuat dengan filter Sobel dan Prewitt. Yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: studi pustaka, penerapan filter Sobel dan Prewitt. Selanjutnya melakukan analisis dan desain aplikasi pengolahan citra dengan filter sobel dan prewitt.  Pada penelitian ini menggunakan filter Sobel dan Prewitt untuk memperkuat tepi pada citra masukan. Dengan menggunakan dua fiter ini sudah bisa menampilkan tepi pada citra untuk analisis oleh pengguna.

 

Kata Kunci: Citra, Citra Digital, Filter Sobel, Filter Prewitt, Tepi


Full Text:

PDF

References


Adlakha, D., Adlakha, D., and Tanwar, R., 2016. Analytical Comparison between Sobel and Prewitt Edge Detection Techniques, International Journal of Scientific & Engineering Research, Volume 7, Issue 1.

Bhat, Muzamil., 2014. Digital Image Processing, International Journal of Scientific & Technology Research Volume 3, Issue 1.

Basuki, Achmad., Palandi, Jozua F., 2005. Pengolahan Citra Digital Dengan Visual Basic, Graha Ilmu, Jakarta.

Fadlisyah., Taufiq., Zulfikar., Fauzan., 2008. Pengolahan Menggunakan Delphi, Graha Ilmu, Jakarta.

Kadir., Taufiq., Zulfikar., Fauzan., 2008. Pengolahan Menggunakan Delphi, Graha Ilmu, Jakarta.

Kavita., Saroha, Ritika., Bala, Rajani., Siwach, Sunita., 2013. Review paper on Overview of Image Processing and Image Segmentation, International Journal of Research In Computer Applications And Robotics, Vol.1 Issue.7, hal: 1-13.

Madenda, Sarifudin., 2015. Pengolahan Citra & Video Digital Teori, Aplikasi, dan Pemorgraman Menggunakan Matlab, Erlangga, Jakarta.

Munir, Renaldi., 2004. Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Aloritmik, Penerbit Informatika, Bandung.

Mulyana, Teady.M.S., 2017, Efek High Pass Filtering Dengan Koefesien Nol Pada Citra Biner, Jurnal Muara, Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, Vol 1, No. 1, hal 75-83.

Srishti P, Verma, T., Prashant, 2016. Hybrid Filter of Sobel And Prewitt, International Journal of Latest Research in Engineering and Technology (IJLRET).

Tania, Sheikh., and Rowaida, Raghad, 2016. A Comparative Study of Various Image Filtering Techniques for Removing Various Noisy Pixels in Aerial Image, International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition Vol.9, No.3, hal.113-124.

Supurwoko., Sarwanto., 2010. Deteksi Sisi Citra Tomografi Sinar-X Menggunakan Operator Laplace, Seminar Nasional Biologi FKIP UNS, hal 213-219.

Patidar, Pawan Kumar., Lalit., Singh, Baldev., Bagaria, Gaurav., 2014. Image Filtering using Linear and Non Linear Filter for Gaussian Noise, International Journal of Computer Applications, Volume 93 – No.8, hal 29-34.

Putra, Darma., 2010. Pengolahan Citra Digital, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v1i2.1368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 2620-620X
e-ISSN 2621-9840

 

Indexed By

  

Recomended Tools: