PREFERENSI MEMILIH RUMAH TINGGAL DENGAN ANALISIS KONJOIN (Studi Kasus : Perumahan Parung, Graha Griya Kabupaten Bogor)

Riama Sibarani

Abstract


Kebutuhan akan rumah tinggal  merupakan kebutuhan dasar (home needs) bagi manusia setelah kebutuhan pangan dan sandang terpenuhi. Dengan adanya kebutuhan akan rumah tinggal yang semakin meningkat maka persaingan antar pengembang semakin ketat.  Untuk meminimalisir hal buruk atau kerugian maka pengembang harus mengetahui keinginin atau preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat Preferensi dan faktor-faktor  yang memengaruhi keputusan konsumen memilih rumah tinggal. Metode yang digunakan adalah Analisis Konjoin  dengan membentuk disain Orthogonal dan Merancang Stimuli. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Banyak stimuli yang terbentuk 96 stimuli dan 16 card yaitu:  Aksesibilitas  (aksesibilitas dari rumah tinggal ke pusat kota dan aksesibilitas dari rumah tinggal  ke jalan raya utama/angkutan umum. Faktor fasilitas dan pelayanan (kualitas & utilitas  dari fasilitas,  pelayanan yang terdapat di dalam lingkungan rumah tinggal dan ketersediaan air bersih). Faktor karakteristik site rumah (Luas tanah, luas bangunan dan Jumlah kamar).  Faktor harga rumah (Rp.300 jt dan antara Rp. 301-350 jt). Faktor Uang  Muka rumah (kurang dari Rp. 20jt, antara Rp.21-40jt).  Faktor cara pembayaran (Cicilan dengan bunga Flat, Cicilan dengan bunga sesuai suku bunga saat ini).

 

Kata Kunci : Preferensi, Konjoint, Stimuli, Orthogonal

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2010., ”Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Terapan”. Edisi Revisi, Rineke Cipta.

Fraenkel Jack & E.Wallen, Norman. 1993., ”How to Design and Evaluate Research in Education, 2nd edition. New York. Mc.Graw-Hill

Hair, JF. Et al .2010, ”Multivariate Data Analysis: A Global Perspective. 7th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Husen Umar, 2009., ”Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen”. JBRC

J. Paul Piter, Jerry C. 2009., ”Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran” Edisi 9. Buku 2. Penerbit Airlangga.

Johnson, R.A & D.W. Wichern. 2002: ”Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice Hall.

L.R. Gay, P.L. Diehl., 1992. ”Research Methodes for Business Management”. Macmillan Publishing Company.

Naresh. K Malhotra., 2005. ” Riset Pemasaran. Pendekatan Terapan”, edisi keempat jilid 1. Indeks, Jakarta.

Robert. D. Manson 2010, ”Statistik untuk Bisnis & Ekonomi”. Jilid 1. PT. Penerbit Airlangga.

Sarwono. 2012. ” Mengenal IBM Statistics 21: Aplilakasi untuk Riset Eksperimental” Jakarta: Penerbit Elekmedia Komputindo.

Sugiyono, 2005., ”Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”

William. G. Cochran 2010., ”Teknik Penarikan Sampel”. UI Press

Garcia, Rosanna, Paul Rummel, and John R. Hauser (2006), “Validating Agent-Based Marketing Models Using Conjoint-Analysis,” forthcoming, Journal of Business Research.

Hauser, John R., Ely Dahan, Michael Yee, and James Orlin (2006), “Must Have” Aspects vs. Tradeoff Aspects in Models of Customer Decisions,” Proceedings of the Sawtooth Software Conference in Del Ray Beach, FL, March 29-31, 2006

Vithala Rao (2004), “Conjoint Analysis, Related Modeling, and Applications,” Advances in Market Research and Modeling: Progress and Prospects,,

Jerry Wind and Paul Green, Eds., (Boston, MA: Kluwer Academic Publishers), 141-168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.