HUBUNGAN DIMENSI SERVICE QUALITY DENGAN KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE DARI SUDUT PANDANG KONSUMEN ONLINE

Kevin Christianto

Abstract


Melihat kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam bidang bisnis, banyak perusahaan telah terjun ke market e-commerce. Dengan kemajuan dan banyaknya perusahaan yang terjun memberikan persaingan yang sangat ketat, oleh karena itu kualitas layanan berbasis web menjadi salah satu kunci untuk menang dalam persaingan e-commerce. Maka diperlukan pengukuran kualitas layanan berbasis web agar para perusahaan dapat maksimalkan potensi-potensi penting untuk meningkatkan kualitas layanan berbasis web. Penelitian ini menggunakan konsep kerangka kerja SERVQUAL sebagai acuan awal untuk membentuk dimensi-dimensi dalam mengukur kualitas layanan berbasis web. Dan hasil dari dimensi-dimensi tersebut adalah keguanaan web, kualitas informasi, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan personalisasi. Hasil uji korelasi manyarankan bahwa dimensi personalisasi menjadi faktor yang memiliki hubungan kuat terhadap keseluruhan kualitas layanan berbasis web.

 

Kata kunci : e-commerce, kualitas layanan berbasis web, SERVQUAL Penjualan

Full Text:

PDF

References


. Asubonteng, P., McCleary, K., & Swan, J. (1996). Servqual revisited: a critical. Journal of Services Marketing.

. Chaudhury, A., & Kuilboer, J.-P. (2002). E-Business and E-Commerce Infrastructure: Technologies Supporting the E-Business Initiative. McGraw-Hill/Irwin.

. Connolly, R. (2010). WEBSITE SERVICE QUALITY IN IRELAND: A CONSUMER PERSPECTIVE.

. Ghozali, I. (2005). Apilikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

. Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4Th ed). Semarang: Badan Penerbit-Undip.

. Hair, J., Anderson, R., Anderson, R., & W.C. (1998). Multivariate Data Analysis 5th Edition.

. Li, H., Liu, Y., & Soumi, R. (2009). Measurement of E-Service Quality: An Empirical Study in Online Travel Services.

. Natalia, G. (2012, January 11). Retrieved August 7, 2012, from http://www.bisnis.com/articles/google-pasang-komitmen-di-indonesia

. Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (1988). Journal of Retailing. SEVRQUAL : A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.

. Reichheld, F. F., & Schefter, P. (2000). E-Loyalty: Your Secret Weapon on the Web. Harvard Business School Press.

. Saputra, S. M. (2011, November 22). Retrieved August 7, 2012, from http://www.bisnis.com/articles/ukm-didorong-tingkatkan-e-commerce

. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Swaid, S. I., & Wigand, R. T. (2007). Measuring Web-based Service Quality : The Online Customer Point of View.

. Turban, E., Volonino, L., McLean, E., & Wetherbe, J. (2001). Information Technology for Management - Transforming Business in the Digital Economy 3rd Edition. United States of America: John Wiley & Sons Inc.

. Wicaksono, A. (2012, may 4). Retrieved august 5, 2012, from http://industri.kontan.co.id/news/e-commerce-di-indonesia-potensi-kantongi-rp-330-t

. Wicaksono, A. (2012, Juny 11). Kontan.co.id. Retrieved September 16, 2012, from Kontan.co.id: http://industri.kontan.co.id/news/potensi-bisnis-online-makin-melar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.