PERANCANGAN SISTEM PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) DENGAN METODE OBJECT MODELLING TECHNIQUE (OMT) PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 44 PALEMBANG

Yudi Wiharto, Ari Irawan

Abstract


Perpustakaan adalah sebuah fasilitas atau tempat yang menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan adanya perpustakaan sendiri, khususnya pada perpustakaan sekolah adalah untuk memberikan sebuah layanan berupa informasi dalam kegiatan belajar dan mengajar, penggunaan teknologi informasi di perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam melakukan pekerjaan dan kualitas pelayanan pada pengguna. Arsitektur MVC diharapkan mampu menghasilkan sebuah perangkat lunak yang lebih efisien. Sehingga dengan adanya perangkat lunak tersebut, pengguna nantinya dapat lebih mudah mengelola informasi perpustakaan dan pengembang dapat lebih mudah dalam pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak yang dibentuk menggunakan arsitektur MVC akan membentuk pola yang memiliki aturan, sehingga mempermudah dalam pengembangan perangkat lunak. Arsitektur MVC dibagi menjadi tiga bagian yaitu Model, View, dan Controller. Setiap bagian memiliki hubungan dan saling berkomunikasi antar bagian, sehingga membentuk perangkat lunak yang secara utuh. Bagian model dari sebuah arsitektur MVC bersifat independent, sifat independent model dari arsitektur MVC menjadikan perangkat lunak bersifat reuseability.

 

Kata Kunci:    Perpustakaan, Sistem, Perangkat lunak, Arsitektur, MVC, OMT

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. (2008), Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul (2009), Dasar Perancangan Dan Implementasi Database Relasional, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul (2010), Mudah Mempelajari Database MySQL, Andi, Yogyakarta.

Nugraha, Bunafit (2005), Database Relasional Dengan MySQL, Andi, Yogyakarta.

Firdausy. (2008), Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Php Dan MySQL, Vol. 6, No. 2, h. 109-114

Gupta, P & Govil, M.C. (2010), ‘MVC Design Pattern for the multi framework distributed applications using XML, spring and struts framework’, Jurnal international computer science and engineering, Vol. 02, No. 04, h. 1047-1051.

Mamluati, Heni. (2006), Pengembangan Antarmuka Sistem Katalogisasi Berbasis Web Menggunakan Konsep Model-View-Controller (MVC) Studi Kasus: Perpustakaan IPB [skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Yanto. (2009), ‘Penerapan Java Server Faces Untuk Design Pattern Web’, Jurnal Informatika, Vol. 5, No. 1, h. 38-49.

Pressman, Roger S. (2002), Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, Andi, Yogyakarta.

Prasetyo, Dwi, Didik. (2007), 150 Rahasia Pemrograman Java, Elex Media Komputindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.