APLIKASI PENGGANTI BACKGROUND PASFOTO DENGAN METODE L1-METRIC DAN INPUT CHANNEL RGB

Wilson Suryajaya Leoputra

Abstract


Penggantian warna background pada pasfoto dengan menggunakan aplikasi pengolahan citra seperti photoshop merupakan proses yang sederhana, tapi memerlukan ketelitian dan ketrampilan yang tinggi. Beberapa pemakai aplikasi tidak mempunyai ketelitian dan ketrampilan dalam mengoperasikan pengolahan citra yang ada.

Setiap piksel citra memiliki warna. Model warna RGB memiliki warna yang merupakan variasi nilai intensitas dari ketiga channel RGB. L1-metric merupakan suatu pengukuran jarak memerlukan lebih dari satu input dari masing-masing obyek dan pembandingnya.

Dengan mempergunakan input nilai intensitas dari ketiga channel RGB yang menjadi input pada pengukuran jarak L1-metric, disusun program aplikasi pengganti warna background pas foto yang sederhana pengoperasiannya. Proses didalamnya adalah menggunakan L1-metric untuk menentukan suatu piksel termasuk background atau foreground dengan membandingkan hasil pengukuran jarak L1-metric dengan nilai input threshold.

Pengukuran jarak nilai input intensitas masing-masing channel R, G dan B. antara piksel input dengan nilai pembanding dapat diterapkan pada aplikasi pengubah warna background. Background dengan berbagai variasi kondisi dapat diganti dengan perlakuan yang sama. Serta pengoperasian yang mudah, karena tidak memerlukan keterampilan dan ketelitian yang tinggi.

 

Kata Kunci: L1-metric, piksel, background, RGB

Full Text:

PDF

References


J, Simarmata dan T. Chandra, “Grafika Komputer”, Andi

Offset, Yogyakarta, 2007.

Low, Adrian., Introductory Computer Vision and Image Processing, McGraw-Hill, Berkshire, UK, 1991.

Lu, Guojun., Multimedia Database Management Systems, Artech House, London, 1999.

Mulyana, Teady Matius Surya., & Harjoko, Agus., “A Chinese Character Recognition Method Based On Population Matrix and Relational Database”, Proceeding of Information & Communication Technology Seminar, IEEE (ISSN 1858-1633; P518-523), 2006.

Mulyana, Teady M.S., “Modul Praktikum Pengolahan Citra”, Universitas Bunda Mulia, 2016.

Sutoyo, T., mulyanto, E., Suhatono V., Nurhayanti OD., Wijanarto., Teori Pengolahan Digital, Andi Offset, Yogyakarta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.