PENDUKUNG SISTEM PEMASARAN DENGAN ALGORITMA ANT COLONY

Vendy Steven Tandiko, Halim Agung

Abstract


Kemudahan untuk mendapatkan informasi produk yang berkualitas melalui internet sudah hampir dilakukan oleh mayoritas konsumen pada saat ini. Perusahaan XYZ memiliki divisi B2B (Business to Business) yang sampai sekarang ini masih belum memasarkan produk-produk perusahaan ke internet. Aplikasi web dapat menyediakan fasilitas untuk melakukan pengolahan data untuk mempromosikan produk-produk perusahaan kepada publik. Dan sebuah fitur men-rekomendasi produk dengan penerapan suatu metode yang dinamakan Ant Colony akan lebih menarik customer untuk membuat permintaan.

Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan analisis terhadap situasi, kondisi dan lingkungan dari divisi B2B serta melakukan perancangan aplikasi pendukung pemasaran produk perusahaan. Analisa dilakukan dari berbagai aspek dari analisis kebutuhan hingga kepada bagaimana implementasi program nantinya yang kemudian dituangkan dalam bentuk perancangan dan desain. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pemasaran berbasis web dengan metode Ant Colony untuk mempromosikan produk-produk yang ada.

 

Kata Kunci: Aplikasi Pemasaran, Website, Ant Colony

Full Text:

PDF

References


M. Fuad, dkk. (2006), Pengantar Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Refianti, Rina, dan A.B. Mutiara. (2009). Aplikasi Ant Colony System (ACS) pada travelling salesmen problem, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Gunadarma, Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.