IMPLEMENTASI PENERAPAN MARKOV CHAIN PADA DATABASE MARKETING STUDI KASUS PELANGGAN E-COMMERCE

Johanes Fernandes Andry

Abstract


Model Markov Chain merupakan suatu teknik matematika yang menggambarkan dan menganalisa kealamian suatu perubahan diakibatkkan oleh pergerakan state state dan juga di gunakan untuk meramalkan perubahan masa depan.

Penelitian pada Toko E-Commerce yang memiliki database marketing, toko tersebut bermodalkan sebuah website,sehingga penjual (seller) dapat memberikan berbagai informasi sehubungan dengan profil usaha dan produk atau jasa yang ditawarkan. Database Marketing dapat terukur, dievaluasi dan dianalisa. Pengukuran respon mengarah kepada akuntabilitas. Segmentasi atau pengelompokkan pelanggan berdasarkan jumlah akumulasi belanja selama sebulan yang dikelompokkan menjadi A,B dan C dengan komposisi 20%, 30% dan 50%

 

Kata kunci : Markov Chain, Database Marketing, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


. Alan Dennis, Barbara Haley Wixom & Roberta M. Roth, System Analys and Design,Fifth Edition, John Wiley & Sons, Inc, 2012.

. Bartholomew, David J and Andrew F. Forbes., “Statistical Techniques for Manpower Planning” Copyright © by John Wiley & Sons Ltd, 1979

. Indrajit, Eko, E-Commerce, Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya, 2002

. Nur Aidi, Muhammad, Penggunaan Rantai Markov utuk Analisis Spasial Serta Modifikasinya dari Sistem Tertutup ke Sistem Terbuka, Forum Statistika dan Komputasi, April 2008, p: 23-33 Vol 13 No.1,ISSN : 0853-8115.

. Santoso, Singgih.. Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

. https://masdwijanto.wordpress.com/halaman-download/ diakses 12 November 2015

. http://ahlimanajemenpemasaran.com/2011/08/cara-menyusun-database-pelanggan-customer-database/, diakses tgl 14 Nopember 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.