APLIKASI UNTUK PEMANTAUAN LAN PADA STUDI KASUS DI UNIVERSITAS BUNDA MULIA

Halim Agung

Abstract


Peningkatan kualitas suatu proses belajar mengajar ditunjang dengan adanya jaringan yang baik yang menyangkut semua aktifitas yang berhubungan dengan arus masuk dan keluar dari suatu jaringan. Pemantauan jaringan yang berjalan manual menyebabkan kendala dari suatu konektivitas tidak terdeteksi dengan baik. Oleh sebab itu diperlukan suatu aplikasi pemantauan jaringan LAN yang di gunakan untuk pemantauan.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data antar komputer di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat tujuan.

Metodologi pembuatan aplikasi ini diawali dengan pengumpulan data node yang akan dimonitoring seperti, melalui observasi ke Universitas Bunda Mulia bagian departemen IT dan pengamatan terhadap sistem yang sedang berjalan dilanjutkan dengan perancangan sistem aplikasi yang akan digunakan sebagai solusi.

Hasil perancangan ini berupa aplikasi Monitoring dengan dengan bahasa pemrograman JAVA yang dapat membantu petugas IT dalam memantau LAN dan server pada Universitas Bunda Mulia.

 

Kata kunci: aplikasi pemantauan jaringan LAN, client-server, TCP/IP


Full Text:

PDF

References


Wikipedia, 2014. “Network Monitoring”. http://en.wikipedia.org/wiki/Network_monitoring (diakses 25 Juni 2014).

Wikipedia, 2014. “Monitoring”. http://id.wikipedia.org/wiki/Monitoring (diakses 25 Juni 2014).

Wikipedia, 2013. “TCP/IP”. http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_protocol_suite (diakses 25 Juni 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.