Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Lantai Produksi Produk Sepatu Perlengkapan Dinas Harian (Studi Kasus pada CV. Mulia)

Widya Nurcahayanty Tanjung, Fauzan Hariz Harimansyah

Abstract


CV. Mulia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi sepatu. Masalah yang ditemukan adalah jarak antar fasilitas di lantai produksi yang cukup jauh satu sama lain sehingga menggangu produksi yang dihasilkan. Selain itu juga, akibat yang dihasilkan dari jarak antar fasilitas yang telah disebutkan sebelumnya, juga mempengaruhi kegiatan penanganan material dari segi waktu yang dibutuhkan dan biaya yang dikeluarkan. Dalam tugas akhir ini, masalah tersebut dibahas dengan menggunakan 3 metode pencarian solusi alternatif untuk permasalahan tata letak tersebut, yaitu Relationship Diagramming Method, Hollier 2 Method, dan Direct Clustering Algorithm Method. Hasil terbaik adalah dengan menggunakan Relationship Diagramming Method dengan jarak yang paling optimal yaitu sebesar 260,5 meter. Jarak awal sebesar 385,5 meter dapat berkurang dengan menggunakan Relationship Diagramming Method yaitu berkurang sebesar 128 meter atau dalam persentase sebesar 33,20%.

Keywords: Tata Letak Fasilitas, Relationship Diagramming Method, Hollier 2 Method, Direct Clustering Algorithm Method


Full Text:

PDF

References


Apple, James M., 1990, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. ITB, Bandung.

Chan, H.M, Milner, D.A, 1982, Direct Clustering Algorithm for Group Formation in Cellular Manufacture. Journal ofManufacturing System 1(1):65-75.

Hadiguna, R. A., dan Wirdianto E., 2003, Model Penyelesaian Masalah Pemilihan Alternatif Tata Letak, Jurnal Sains dan Teknologi STTIND.

Heragu, Sunderesh S., 2008, Facilities Design. Taylor & Franciss group, Florida.

Kay, Michael G., 2009, Lecture Notes for ProductionSystem Design. North Carolina State University, North Carolina.

Murugan, M., Selladurai, V., 2007, Optimization and Implementation of Cellular Manufacturing System in A Pump Industry Using Three Cell Formation Algorithms. The International Journal of Advanced Manufacturing Technology 35(1-2):135-149.

Purnomo, H., 2004, Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tompkins, James A, et. Al., 1996.Facilities Planning.John Wiley &Sons. Inc, Canada.

Wignjosoebroto, Sritomo., 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Guna Widya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v7i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.