Studi Segmentasi Berorientasikan Psikografis dan Behavioral pada Konsumen Fitness Center di Surabaya

Esti Dwi Rinawiyanti, Rosita Meitha, Jeremia Januar Pratama Putra

Abstract


Terdapat beberapa fitness center di Surabaya yang membuat persaingan bisnis fitness center bertambah ketat. Oleh sebab itu fitness center harus mempunyai perbedaan dan keunggulan, yang membuatnya berbeda dari yang lain. Untuk bisa memberikan perbedaan, maka fitness center harus tahu dan menentukan jenis konsumen yang dilayani. Penelitian ini menganalisa segmentasi konsumen fitness center berdasarkan variabel-variabel yang mendasari proses pemilihan suatu fitness center (Purchasing), gaya hidup (Life Style) dan motivasi (Motive), serta keterlibatan (Involvement). Dilakukan analisa faktor untuk mereduksi dan mengelompokkan variabel menjadi 15 faktor yang mempunyai kemiripan, dan berdasarkan 15 faktor tersebut dilakukan analisa cluster untuk membagi responden. Analisa crosstab digunakan untuk mengetahui perbedaan profil responden antara cluster dan didapatkan bahwa ada perbedaan variabel pendidikan terakhir dan jenis pekerjaan pada 4 cluster yang terbentuk. Dengan demikian, dihasilkan 4 cluster/segmentasi yaitu: cluster ”kenyamanan”, cluster ”sensitivitas rendah”, cluster ”individual”, dan cluster ”kesenangan”. Dari informasi tersebut pengelola fitness center dapat menentukan target konsumen yang akan dilayani dan bagaimana pengelolaan fitness center.

Keywords: Segmentasi, Psikografis, Behavioral, Cluster, Fitness Center


Full Text:

PDF

References


Afmagama, 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Jasa (Studi Kasus Fit For Two Fitness Center Bogor) [tesis], Institut Pertanian Bogor, http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60184 - diakses tanggal 27 Januari 2014.

Barrena, R. and Sanchez, M., 2009. “Connecting product attributes with emotional benefits”, British Food Journal, Vol. 111, pp. 120-37.

Brunner, T.A. and Siegrist, M. 2011. A consumer-oriented segmentation study in the Swiss wine market, Journal of Marketing, Vol. 113, No. 3, pp. 353-373.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2010. Principles of Marketing, 13th Edition, Pearson Higher Education.

Kotler, Philip, Kartajaya, Hermawan, Huan, Hooi Den, Liu, Sandra, 2008. Rethinking Marketing: Sustainable Marketing Enterprise in Asia, Prentice Hall Singapore.

Lestariani, Erma, 2009. Analisis Gaya Hidup Konsumen Fitness (Studi pada Konsumen Sengkaling Fitness Center) [tesis], Universitas Muhammadiyah Malang, , diakses tanggal 27 Januari 2014.

Rohmandian, 2010. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) terhadap Komitmen Konsumen dalam Menggunakan Jasa Fitness pada The Body Art Aerobic, Fitness, and Swimming Pool [tesis], UPN Veteran, http://eprints.upnjatim.ac.id/482/ diakses tanggal 27 Januari 2014.

Thach, E. and Olsen, J., 2006. Market segment analysis to target young adult wine drinkers, Agribusiness, Vol. 22, pp. 307-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jiems.v7i1.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.